Sunday, December 4, 2016

Ricky Febrian

Tips dan Trik Agar Tubuh Tetap Sehat Pada Musim Hujan - garo-Blog

    No comments:

garo-Blog.com -   Assalamu'alaikum sobat garo-blog.com semuanya, semoga pada sehat selalu yah sobat dan bisa menjaga kondisi tubuhnya mengingat sekarang sudah memasuki musim hujan, hingga udara semakin dingin, prakiraan cuaca tidak tentu, banyak orang yang kehujanan dan menyebabkan sakit. Nah ini sobat semuanya sudah menjadi kebiasaan dan banyak sebagian orang mudah terkena sakit saat musim hujan datang.



 Pada musim hujan tiba banyak sebagian orang yang mudah sekali terkena penyakit batuk, pilek, demam, masuk angin, dan bahkan diare adalah penyakit langganan di saat musim hujan tiba. Dalam hal ini jangan sampai aktivitas dan pekerjaan sobat terganggu sehingga akan berdampak pada pekerjaan sobat.


 Memasuki musim hujan tiba, banyak orang yang daya tahan tubuhnya menurun, sehingga dalam daya tahan tubuh seseorang menurun ini , tubuh kita mudah diserang oleh penyakit, apalagi disaat musim hujan, disaat musim hujan berbagai macam penyakit dapat menyerang tubuh kita, terutama yaitu flu disaat musim hujan sangat banyak orang yang terserang penyakit flu.




Dan jika tidak segera mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius maka kemungkinan tubuh kita cepat sekali terkena penyakit akan lebih besar, sehingga tidak heran bila ruang tunggu dokter akan lebih penuh saat musim penghujan ini. Pada penyakit yang mudah sekali terjangkit pada musim penghujan ini bukan hanya menyerang pada orang dewasa melainkan anak-anak juga justru lebih beresiko yang mudah sekali terkena serangan penyakit ini.



Ada berbagai macam penyakit yang mudah menyerang tubuh saat musim penghujan ini contohnya batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, flu penyakit kulit hingga demam berdarah juga tak kalah menjadi daftar penyakit yang banyak dijumpai saat musim penghujan.

Adapun tips yang bagus untuk menjaga kondisi tubuh pada waktu musim penghujan ini antara lain :

1.    Mengkonsumsi Vitamin

Pada musim penghujan ini kita sebaiknya untuk mengkonsumsi vitamin  untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan menjaga kondisi tubuh kita agar tidak mudah terkena penyakit, dan pada saat pergantian musim dari musim kemarau menuju musim penghujan tubuh kita biasanya akan tidak secara langsung menyesuaikan kondisinya, melainkan melalui sebuah proses terlebih dahulu, sehingga pada proses inilah yang biasanya mempengaruhi system imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi menurun dan lemah. Dan pada saat sistem kekebalan tubuh kita menurun, pastinya segala penyakit akan lebih cepat menyerang, sehingga kita dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin amat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan system imun. Oleh karena itu, mengkonsumsi vitamin terutama  pada vitamin C amat dianjurkan. Kandungan vitamin C ini bisa juga anda peroleh secara alami dari kandungan buah-buahan seperti buah jeruk, buah strawberry dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin akan memastikan kebutuhan vitamin C dalam tubuh terpenuhi, yang pada akhirnya akan membantu sobat  meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.

2.    Membersihkan Lingkungan Sekitar

Pada musim hujan membuat sekitar lingkungan menjadi lebih kotor daripada saat musim kemarau. Kenpa demikian? karena hal ini dipicu pada tingkat kelembapan udara yang lebih tinggi yang membuat sampah atau limbah menjadi lebih mudah membusuk dan pada akhirnya menjadi sumber bakteri. Oleh karena itu, sobat harus membersihkan lingkungan pada tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang kuman/bakteri yang bisa berkembang biak. Sebagai Contoh dengan melakukan penguburan atau membakar sampah, menutup lubang yang berpotensi membuat air hujan tergenang, menutup penampungan air, serta memotong ranting dan rumput yang terlalu rindang. Pada lingkungan yang teduh, lembap dan tempat yang kotor akan menjadikan sarang nyamuk yang menyebabkan terjangkitnya demam berdarah dan bisa berkembang biak.

3.    Menjaga Asupan Makanan

Sobat semuanya kita harus menjaga asupan makan yang sehat terutama pada saat musim penghujan datang. Dan sobat semuanya ada baiknya memperbanyak suatu konsumsi makanan yang hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara begitu dingin, contohnya seperti mengkonsumsi sup kuah, sayuran dengan kuah hangat, dan makanan berkuah sehat lainnya.

4.    Makan Saat Lapar

Pada musim penghujan ini membuat suhu yang dingin biasanya membuat nafsu makan menjadi lebih besar, tetapi sayangnya metabolisme saat musim hujan ini menjadi lebih lambat daripada biasanya. Dan bisa anda bayangkan jika anda terus-terusan menuruti nafsu makan yang begitu besar tanpa didukung dengan metabolisme yang baik, tentunya akan berujung pada kegemukan atau yang kita kenal dengan istilah obesitas. Oleh karena itu mengusahakan pula untuk tidak menuruti nafsu mengemil ketika perut belum terlalu merasa lapar.

5.    Perhatikan Pola Tidur

Sobat semuanya pada pola tidur ini ambilah waktu istirahat sobat semuanya dan tidurlah secukupnya, tetapi jangan pula tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih. Pada tubuh yang mendapatkan porsi tidur yang berlebih akan membuat tubuh sobat menjadi lemas dan menjadi kaku pada otot. Oleh karena itu menghindari begadang pada malam hari yang akan membuat tubuh sobat tidak bergairah dan terasa ngantuk dalam aktifitasnya.

6.    Memakai Pakaian Yang Tebal

Dalam musim penghujan ini  disarankan agar memakai pakaian yang tebal dan jangan memakai pakaian yang tipis sehingga nanti akan mudah sekali masuk angin. Oleh karena itu, ada baiknya beralihlah pada pakaian yang lebih tebal serta terasa hangat untuk tubuh sobat.

Kalo sobat gimana si kalo menghadapi musim hujan datang? Apa yang sobat sering lakukan?