Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh Kita



garo-Blog.com -  Pada kesempatan pagi ini saya akan berbagi tentang masalah kesehatan dan semoga bermanfaat untuk sobat semuanya dan saya kan berbagi tentang buah mengkudu yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.



Buah mengkudu atau di budaya sunda adalah dengan nama cangkudu yang dipercaya oleh masyarakat yang sangat membantu sekali pada dunia kesehatan dan sudah dipercaya oleh masyarakat di Indonesia ini. Buah mengkudu yang masih muda itu berwarna hijau dengan benjolan totol-totol yang berwarna coklat kehitaman.

Pada tanaman ini bisa tumbuh di daerah dataran yang rendah pada ketinggian 1500 meter. Pada tinggi pohon mengkudu ini bisa mencapai 3 sampai 8 meter yang memiliki bunga yang bongkol berwarna putih. Pada buahnya sendiri merupakan buah majemuk, buah yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.



Secara tradisional pada masyarakat Aceh  sendiri menggunakan buah mengkudu sebagai sayur untuk makanan dan bisa dimanfaatkan untuk rujak. Oleh karena itu, Pohon buah mengkudu ini  sering ditanam di dekat rumah atau bahkan ditempat saya di tanam didepan rumah bisa juga di belakang rumah. 


Buah mengkudu ini digunakan sebagai bahan obat-obatan oleh para penemu obat herbal, sehingga manfaat buah mengkudu sendiri mengandung 150 kandungan fitonutrien yang terdapat di dalamnya. Adapun fitonutrien adalah zat tambahan lainnya yang ditemukan pada tanaman selain kandungan mineral dan vitamin. Pada zat inilah berfungsi sebagai anti-virus, anti inflamasi, dan anti bakteri. Selain itu juga kandungan fitonutrien sendiri bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan juga bisa memperbaiki sel-sel di dalam tubuh kita.



Pada buah mengkudu juga dapat dipercaya memiliki suatu efek analgesik dalam tubuh, dalam artian tubuh kita akan mendapatkan suatu kekebalan terhadap berbagai macam penyakit, dan termasuk kanker. Buah mengkudu ini mengandung vitamin A, B kompleks, C, sulfur, kalium, fosfor, asam amino, dan juga kalsium memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, sehingga dengan mengkonsumsi buah mengkudu sobat sendiri akan mendapatkan beberapa khasiat didalamnya yang dihasilkan dari mengkudu ini.



Sobat semuanya, terus apa sih manfaat dari buah mengkudu untuk kesehatan kita?

Dalam penelitiannya dari kandungan buah mengkudu ini kaya akan manfaat dan khasiat didalamnya, dan khasiatnya adalah :
  1. Dapat memperlancar peredaran darah dan juga bisa bermanfaat untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami suatu penyempitan dengan zat scopoletin yang terkandung didalam buah mengkudu ini. Kenapa demikian? karena Zat ini dapat membunuh beberapa varian bakteri, serta bersifat untuk anti alergi.
  2. Bisa mematikan  berbagai bakteri penyebab infeksi dan juga bisa sebagai pengotrol bakteri pathogen melalui zat anti bakteri yang terkandung didalam buah mengkudu ini.
  3. Dapat melawan penyakit kanker atau sel-sel abnormal melalui zat anti kanker yang terkandung didalam buah mengkudu ini.
  4. Dapat mencegah penyakit Kanker dan Tumor.
  5. Membantu peningkatan pada daya tahan tubuh kita.
  6. Dapat Mengatasi Peradangan dan Alergi
  7. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Semoga bermanfaat dari buah mengkudu ini untuk sobat semuanya. amin.