Pentingnya Masak Air Sendiri - garo-Blog.com



garo-Blog.com - Assalamu'alaikum semoga siang ini tetp semangat yah sobat semuanya, kali ini saya akan berbagi tentang Pentingnya memasak air sendiri ala garo-blog.com semoga bermanfaat untuk sobat semuanya.




Pada Air putih hasil rebusan sendiri tentunya untuk konsumsi keluarga dirumah mungkin bagi sebagian orang adalah ini sebagai cara kuno yang merepotkan.  karena banyaknya perusahaan air minum dalam kemasan yang memberi kemudahan bagi sobat yang tidak mau repot dan simple dalam solusi memasak air.

Tetapi sobat  perlu sobat ketahui bahwa kebiasaan merebus air terlebih dahulu sebelum diminum akan memberi beberapa manfaat dan keuntungan lebih dibandingkan  minum air isi ulang atau air hasil filterisasi.


Ternyata sobat banyak manfaat kesehatan dari air minum direbus sendiri, setelah perkembangan jaman sekarang ini banyak orang mengkonsumsi secara simple dan tidak mau ribet dalam memasaknya sehingga banyak yang menggunakan cara yang simple ini.

Sebuah air minum yang sehat yaitu yang mempunyai sebuah  karakteristik fisik, kandungan mikroba, dan bahan kimianya sesuai dengan ketentuan World Health Organization (WHO) atau standar nasional kualitas air minum. Di Indonesia, menurut Keputusan Menteri Kesehatan No. 907/MENKES/SK/VII/2002, air minum diwajibkan memenuhi persyaratan umum sebagai berikut:
  1. Secara fisik tidak berasa, berbau atau berwarna, tidak keruh, dan tidak berada dalam suhu  tinggi.
  2. Tidak mengandung bakteri seperti E. coli.
  3. Tidak mengandung bahan kimia, misalnya pestisida dan desinfektan melebihi batas yang diperbolehkan.
Berikut ini beberapa keuntungan minum air rebusan seperti dilansir oleh laman Boldsky :

  1. Aman dari penyakit. Beberapa jenis penyakit menyebar melalui air mentah yang tak direbus hingga mendidih. Saat Anda merebus air minum Anda, maka bibit penyakit tersebut akan mati sehingga kesehatan Anda lebih terjaga. Selain itu, penderita penyakit seperti typus dan kuning akan lebih mudah pulih dengan asupan air rebusan yang bersih dari virus dan kuman.
  2.  Pencernaan sehat. Mengonsumsi air rebusan hangat juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ia mampu membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh alias detoksifikasi. Apalagi bila diberi tambahan perasan lemon atau jeruk nipis.
  3.  Terhindar dari sakit tenggorokan. Kadang air mentah menyebabkan tenggorokan kita sakit saat mengonsumsinya. Berbeda dengan air rebusan yang dikonsumsi hangat, dapat membuat tenggorokan lega dan radang menjauh.
  4.  Lebih sehat. Jika air isi ulang mengklaim bahwa produk mereka mengandung mineral, maka hakekatnya air rebusan pun sama. Mineral dalam air rebusan sendiri dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral tubuh, juga menyehatkan.
  5.  Baik bagi susu bayi. Anda punya bayi atau balita dan masih sering membuatkan susu formula untuk mereka? Sebaiknya gunakan air matang hasil rebusan sendiri untuk menghindarkan dari penyakit semacam diarre.

Semoga bermanfaat yah sobat dan dibiasakan memasak air direbus sendiri biar nanti hasilnya akan bermanfaat untuk tubuh kita,,aminn...