Variasi Sambal Bikin Goyang Lidah ala garo-Blog



garo-Blog.com -  Assalamu'alaikum sobat garo-blog.com semuanya, semoga hari ini diwaktu ini sobat semuanya sehat dan berada dalam lindungan Nya dan bisa bersemangat lagi dalam menjalani segala aktifitas sobat semuanya.

Nah sobat semuanya pada kesempatan kali ini saya bingung mau posting apa, dan terlintas dari pikiran saya karena saya suka yang namanya sambal, oleh karena itu saya akan berbagi tentang macam-macam sambal yang saya tahu dan ini merupakan pelengkap disetiap makanan yang disajikan dengan disajikan dengan lalaban.

Nah sobat semuanya apa sih itu sambal?

Menurut catatan dari wikipedia, sambal adalah saus dengan bahan utama yang disiapkan dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe yang berasa pedas dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi.

Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia, Melayu ditemukan pula dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada bermacam-macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah.


Mungkin sobat semuanya sering makan yang namanya sambal yang meruaopakan pelengkap lalaban dengan nasi yang membuat rasanya enak dan menggugah selera makan kita, ada yang bilang katanya kalo tidak ada sambal kurang komplit makanya, hheheh....(itu kata sebagian orang).



Tapi memang apa yang dirasakan sama saya, ada lalaban pasti ada sambalnya, yang tentunya sekarang banyak variasi-variasi sambal yang orang berinovasi dengan sambal ini.

Dalam mengistilahkan sambal, ternyata dalam sebuah kesadaran produsen akan pentingnya arti sambal bagi sebagian orang akan membuat orang bersaing dalam suatu kreasi yang bisa mendongkrak variasi sambal yang fenomenal dan mudah diterima dengan lidah para penggemarnya. Dan sekarang sudah bermunculan produk-produk makanan yang memiliki cita rasa yang pedas dengan nama yang berbeda yang mencirikan betapa dahsyatpedasnya produk makanan itu.



Tetapi ada yang unik dari sebuah produk makanan sambal ini, ada yang menggunakan sebuah kata level, ada yang menggunakan tingkatan kata-kata yang mencirikan pedas, dan macam-macam pedas yang lainnya yang dapat digunakan untuk memancing minat para konsumen.

Berbagai variasi sambal yang saya tahu adalah

Sambal pete


Wahh ini yang namanya sambal pete yang menggugah lidah sobat semuanya yang bisa membuat lidah sobat bisa berkolaborasi rasa pete dan pedasnya sambal yang mungkin akan membuat cita rasa yang nikmat dan tentunya bisa untuk menambah porsi makan sobat semuanya, hehehee....

Sambal Jengkol


duhhh..liatnya juga sudah kerasa dilidahh gimana gituu...hehehhee.... nah ini mungkin juga sambal variasi favorit sobat semuanya yang bisa menambah selera makan sobat dalam mencicipi sambal yang bervariasi...hehhe ..dan ada juga lho sambal jengkol + teri.

Sambal Jengkol + Ikan Teri


Duhh ini yang lebih bervariasi lagi antara perpaduan sambal + jengkol + ikan teri yang bisa menggugah selera makan sobat semuanya.

Sambal Cabe Hijau



Sambal ini mungki sering sobat temukan di warung-warung atau restoran padang dengan ciri khas sambal cabe hijau.

Sambal Belut


Nah ini sambal perpaduan variasi antara sambal + belut yang bisa membuat pecinta belut yang membuat lidah tambal maknyuss...heheh.....

Nah sobat semuanya,  apakah sambal kesukaan yang sobat favoritkan?