Thursday, December 8, 2016

Ricky Febrian

Hebatnya Khasiat Sayuran Untuk Kesehatan Kita

    No comments:

garo-Blog.com -  Siapa sih yang tidak kenal sama sayuran? pastinya sobat semuanya tahu tentang sayuran itu.  Sayuran adalah sebuah sebutan yang umum untuk bahan pangan atau tumbuhan yang memiliki kadar air tinggi dan bisa dikonsumsi dalam keadaan segar ataupun setelah diolah secara minimal, bisa juga dijadikan untuk bahan masakan agar lebih enak dan lebih komplit dalam menu masakannya.



Nah sobat, sayuran ini juga banyak beragam jenis yang disebut sebagai sayur-sayuran atau diistilahkan dimasyarakat yang kita sebuat dengan sayur-mayur. Sebagian orang pastinya sejumlah sayuran dapat dikonsumsi oleh kita secara langsung ataupun masih mentah tanpa dimasak terlebih dahulu.

Oleh karena itu, ternyata sayuran banyak mengandung suatu mineral, antioksidan, fitokimia, dan vitamin, sehingga sayuran ini tidak bisa di pungkiri apabila rajin mengkonsumsi sayuran setiap hari karena dapat bermanfaat untuk membantu, menjaga dan bisa juga untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita.




Dengan menjalani diet mengkonsumsi sayuran dapat membantu menurunkan berat badan dalam waktu cepat, bisa juga untuk melancarkan pencernaan kita , dan dapat pula membantu mempercepat penyembuhan, serta mengurangi terjadinya berbagai penyakit, dan tentu saja memberikan banyak keuntungan lainnya bagi kesehatan kita.



Apa sih kandungan yang ada didalam sayuran itu?

Nah sob, ternyata didalam sebuah sayuran itu terkandung sebuah Nutrisi.

Nutrisi

Ketika orang yang melakukan pada program diet dengan mengkonsumsi  sejumlah sayuran dan buah-buahan yang cukup dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes. Karena dengan diet ini, dapat membantu melawan kanker dan mengurangi pengeroposan tulang. Selain itu, dengan kita mengkonsumsi zat potasium akan membantu mencegah terbentuknya batu ginjal.

Kandungan nutrisi pada sayuran yang satu dengan lainnya itu berbeda-beda manfaat dan khasiatnya, meskipun  umumnya sayuran mengandung sedikit protein atau lemak, dengan jumlah vitamin, provitamin, mineral, fiber dan karbohidrat yang bermacam-macam.




Zat Warna (Pigmen)

Pada sayuran yang warna hijau  berasal dari adanya pigmen klorofil/zat hijau daun pada daun. Pada klorofil ini dipengaruhi oleh keasaman/pH dan berubah warna menjadi hijau olive dalam kondisi asam, kemudian berubah lagi menjadi warna hijau cerah dalam kondisi basa. Sehingga pada sejumlah asam tadi dikeluarkan dari batang sayuran dalam proses memasak, khususnya bila dimasak tanpa penutup.

Warna orange/kuning yang terdapat pada buah-buahan itu berasal dari zat yang bernama karotenoid. Dimana zat karotenoid ini juga dapat  dipengaruhi oleh proses memasak yang normal atau perubahan zat asam.

Pada warna merah/biru pada beberapa buah dan sayuran (contohnya seperti : kubis merah dan buah blackberry) adalah karena zat anthocyanin, dimana zat ini sensitif terhadap perubahan pH. Karena ketika pH dalam keadaan netral, pigmen/zat warna berwarna ungu, ketika terdapat asam menjadi merah, dalam kondisi basa menjadi biru, sehingga pigmen ini sangat larut dalam air.

semoga bermanfaat.....