Thursday, December 8, 2016

Ricky Febrian

Gejala yang Timbul Akibat Sakit Maag, Apa Strategi Penanganannya?

    No comments:

garo-Blog.com -  Sering kita mengalami sakit maag yang selalu di rasakan terasa perih dan sakit di bagian perut kita, mungkin bisa terjadi karena kita telat asupan makanan yang sering kita abaikan.

Namun menurut istilah kedokteran sakit maag ini bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah akibat luka yang terbuka yang muncul di bagian lapisan didalam lambung/tukak lambung, dan infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid/OAINS, dan juga bisa disebabkan karena stres.



Pada bahasa ilmiahnya maag ini disebut juga dengan Gasitris.  Apa sih itu Gasitris?

Menurut para ahli kesehatan Gasitris adalah suatu penyakit yang menimpa seseorang pada lambung dan akan memberikan efek kurang berfungsinya lambung secara maksimal dalam melakukan tugasnya mencerna makanan didalam perut.

Karena jika penyakit maag ini menimpa seseorang maka pada penderita sakit maag ini  akan merasakan gejala sakit pada bagian perut dan menyebabkan perih dan juga merasakan mulas. Krenapa bisa terjadi  sakitseperti ini?  Karena sakit ini terjadi pada area sekitar lambung  yang mengalami peradangan dan terjadinya luka pada lambung.

Gejala Pada Penyakit Maag

Pada penyakit maag yang sering kita alami ini setidaknya kita sadar akan kesehatan kita dengan menjaga pola makan sehat dan menghindari yang namanya stress. Ada beberapa ciri-ciri dari gejala yang biasa kita alami pada sakit maag.

  1. Perut kembung,  kita sering mengalami gejala seperti ini bisa muncul karena diakibatkan pada lambung yang didalamnya terdapat banyak gas.
  2. Sering bersendawa, Kenapa kita sering bersendawa seperti ini? karena akibat gas yang dihasilkan lambung, seseorang menjadi sering bersendawa, sehingga seringnya sendawa ada kemungkinan bahwa seseorang tersebut menderita penyakit maag.
  3. Mual dan Muntah, gejala in sering terjadi pada penderita maag adalah mual dan juga muntah. Jika seseorang mengalami hal seperti ini bisa jadi ini merupakan salahsatu ciri penyakit maag.


Pada kenyataanya semua penyakit dapat disembuhkan karena semua penyakit ada obatnya, maka dari itu selain melakukan usaha pengobatan, kita juga harus melakukan langkah-langkah pada  pencegahan agar penyakit maag tidak bertambah parah seperti pada menjaga pola makan yang sehat dan teratur setiap harinya, tetapi tidak hanya pola makan saja tetapi juga faktor lainnya juga yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga melakukan hal-hal yang sepele seperti mencuci tangan sebelum makan dan olahraga.

Penanganan 

Jika kita memiliki gangguan pencernaan dan sakit perut pada ulu hati yang merupakan gejala sakit maag, maka kita harus mengubah pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat, dan untuk meringankan atau mengatasi sakit maag ini bisa menggunakan obat maag yang dijual bebas seperti obat antasida.


Semoga bermanfaat....