Mengenal Perkembangan Jenis-Jenis Keyboard Komputer



assalamualaikum wr wb
hello teman teman, kemarin saya suda post artikel mengenal bios pada komputer dan cara kerjanya, dan sekarang saya akan membagikan pengetahuan dasar tentang komputer yaitu mengenal perkembangan keyboard.

keyboard adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat input data untuk mengetik data atau informasi ke dalam komputer.




pada keyboard komputer terdapat tombol huruf, angka, dan tombol karakter khusus lainnya namun pada keyboard komputer juga terdapat tombol khusus yang menjalankan aplikasi komputer, tombol tersebut adalah tombol esc, f1 sampai f12, prtsc sysrq, pause break, ins, del, home, pg up, pg dn, end, shift, ctrl, fn dan alt. tombol tersebut mempunyai fungsi yang berbeda tergantung aplikasi apa yang dijalankan pada system operasi komputer yang berbasis text maupun gui.

bentuk keyboard yang biasa kita jumpai adalah persegi panjang, namun saat ini bentuk atau model keyboard sangat variatif, model keyboard yang sangat terkenal dan biasa kita pakai adalah model keyboard qwerty.

perangkat keras komputer ini tidak mengalami perkembangan yang sangat pesat, hanya fisik dan bentuknya saja yang mengalami perkembangan.

berikut ini adalah jenis jenis keyboard berdasarkan fisiknya :


Keyboard Serial
keyboard serial ini digunakan pada komputer tipe AT, dan sekarang keyboard serial ini suda jarang di gunakan.


Keyboard PS/2
keyboard ps/2 biasa digunakan pada komputer lama yang bertipe ATX, pada komputer tipe atx terdapat dua port ps/2 yang satu untuk mouse dan yang satunya lagi untuk keyboard. 

untuk memasang keyboard PS/2 pada komputer atx harus di perhatikan karena kedua port tersebut berbeda, banyak pemula salah memasang keyboard pada port komputer tipe atx dan mengakibatkan pin konektor keyboard ini menjadi bengkok karena salah memasukan ke port PS/2. pada port ps/2 dibedakan dengan 2 warna, warna ungu dan warna hijau. warna ungu untuk keyboard dan warna hijau untuk mouse.


Keyboard USB
keyboard usb mempunyai kelebihan yang membuat orang sekarang banyak menggunakannya, adapun kelebihannya adalah transfer data lebih cepat, pemasangannya lebih muda karena pada komputer modern sekarang menyediakan banyak port usb.


Keyboard Wireless
keyboard wireless tidak menggunakan kabel untuk mengirim input ke komputer, keyboard wireless ini mengirim input data melalui infra red, bluetooth atau wireless. untuk menghubungkan keyboard wireless ke komputer di butuhkan usb sebagai penerima datanya.


sedangkan keyboard berdasarkan bentuknya adalah sebagai berikut :


Keyboard QWERTY
keyboard jenis ini yang paling kita jumpai, keyboard model ini di buat berdasarkan mesin tik. keyboard jenis ini ditemukan oleh scholes, glidden dan soule pada tahun 1905, keyboard ini di desain sedemikian rupa sehingga kita menekan tombol yang sering kita tekan terpisah jauh dengan tombol lainnya.



Keyboard DVORAK
keyboard ini di temukan pada tahun 1932, keyboard ini mempunyai sususan huruf yang telah banyak membebani tangan sebelah kanan bekerja dibandingkan dengan tangan kiri.


Keyboard KLOCKENBERG
keyboard ini di buat untuk menyempurnakan bentuk jenis keyboard yang suda ada, bentuk keyboard ini terpisah dua bagian, bagian kiri dan kanan.


Keyboard MALTRON
keyboard jenis ini mempunyai bentuk agak cekung ke dalam. pada saat kita mengetik, jari jari kita di jamin tidak akan membentuk satu garis lurus.


Keyboard ALPHABETIC
keyboard ini mirip dengan tata letak pada qwerty atau dvorak, cuma susunan hurufnya berurutan seperti alphabet. keyboard jenis ini biasa kita temui pada mainan anak.


Keyboard NUMERIC
keyboard ini digunakan untuk memasukkan bilangan angka dengan jumlah yang banyak maupun sedikit.


demikianlah artikel tentang perkembangan jenis jenis keyboard komputer, semoga bermanfaat.