Cara Mengatasi Monitor Komputer Selalu Berubah Warna



assalamualaikum wr wb
hello teman teman, saya baru bisa update artikel di blog ini karena kemarin saya kurang sehat teman teman dan kali ini saya membagikan pengalaman saya.

pengalaman yang saya maksud adalah mengatasi monitor komputer yang selalu berubah ubah warnah.




pada saat itu saya sedang asik bermain game di komputer dan tiba tiba monitor berubah warnah menjadi warnah pink.

masalah berubah ubah warna pada monitor komputer yang saya pakai kadang monitornya kembali normal dengan sendirinya.

dengan masalah monitor komputer yang selalu berubah ubah warna membuat saya kesal dan tidak nyaman.

penyebab monitor komputer yang selalu berubah warna ini bermacam macam, biasa yang menyebabkan monitor komputer kita selalu berubah ubah warna hanya karena kabel VGA tidak terpasang dengan baik atau VGA Card bermasalah.

sekarang saya akan membagikan cara saya mengatasi monitor komputer yang selalu beubah ubah warna.


1. Colokkan Kabel VGA Longgar
masalah yang sering terjadi pada monitor komputer yang berubah ubah warna adalah kabel vga atau kabel yang menghubungkan monitor dan CPU tidak terpasang dengan baik, biasanya colokkan kabel vga ke monitor dan CPU tidak terkunci dengan baik, solusinya putar kunci colokkan kabel dengan kuat dan jangan sampai longgar.



2. VGA Card Bermasalah.
karena vga card ini berfungsi untuk menampilkan tampilan grafis di monitor, kemungkinan VGA cardnya bermasalah untuk mengatasinya coba bersihkan kaki kaki vga card yang berwarna kuning dengan penghapus kemudian bersihkan juga slot vga card menggunakan kuas lalu pasang kembali vga card komputer kalian.


3. Driver VGA Bermasalah
saya punya pengalaman, pada saat itu komputer yang saya pakai berubah ubah warnah, dan ketika saya install ulang system operasi komputer saya, monitor komputer saya tidak lagi berubah ubah warna, mungkin driver vga nya bermasalah atau terserangan virus.


4. Pengaturan RGB Berubah
biasanya masalahnya ada pada pengatauran RGB monitor berubah coba sesuaikan pengaturan RGB melalui tombol menu yang terdapat pada monitor komputer.


5. Komponen Monitor
jika suda cek masalah kabel vga, vga card dan driver vga tidak juga mengatasi masalah monitor berubah ubah warna, kemungkinan besar monitor komputer yang bermasalah, mungkin komponen yang terdapat di dalam monitor rusak atau solderan terlepas.


kalau pengalaman saya mengatasi masalah monitor komputer berubah ubah warna adalah mengencangkan colokkan kabel vga yang longgar dan install ulang system operasi yang terserang virus.

demikianlah cara saya mengatasi monitor komputer yang selalu berubah ubah warna, semga bermanfaat yaa teman teman.