Tips Membuat Pasword / Kata Sandi yang Aman



Tahukah anda pasword yang aman itu yang seperti apa ? disini saya akan memberikan tips untuk membuat pasword / Kata sandi yang aman.

Pasword yang aman sangatlah penting dan jangan asal asalan dalam membuat pasword , bisa bisa akun anda akan di hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan akan merugikan anda sendiri , dan anda bisa saja kehilangan sebuah akun yang sangat penting gara gara membuat pasword yang kurang aman.



Berikut Tips membuat Pasword / Kata Sandi yang aman

1. Jangan gunakan tanggal lahir anda sebagai pasword 

Memang pasword dengan tanggal lahir sangat mudah diingat oleh diri kita sendiri tapi pasword seperti itu adalah pasword yang sangat lemah karena orang lain bisa dengan mudah mengintip atau mengetahui tanggal lahir anda dalam profil facebook atau akun lainnya.
lebih baik gunakan tanggal istimewa seperti tanggal jadian , tanggal kelulusan atau tanggal pernikahan.

2. Jangan gunakan nama anda sebagai pasword

nama depan , nama tengah , nama belakang dan nama panggilan adalah sebuah pasword yang lemah , orang lain akan bisa dengan mudah mencuri pasword anda karena di media sosial nama anda terpampang jelas disitu.

3. Jangan gunakan Nomer Handphone sebagai pasword

Banyak orang yang mengetahui No hp anda ,bisa saja ada orang jahat yang mengkombinasikan no hp anda sebagai pasword untuk membajak akun anda

4. Jangan Tampilkan alamat E mail anda ke publik

alamat email sebaiknya hanya diberitahukan kepada rekan bisnis atau seseorang yang ingin anda kirimi email.
Karena berbagai macam akun media sosial biasanya meminta log in berupa alamat email dan pasword , jika ada seseorang yang mengetahui alamat email anda dan mengkombinasikan dengan pasword pasword yang mungkin saja bisa tembus dengan akun anda . Dan itu sangatlah beresiko.

5. Jangan Catat Pasword anda di komputer dan Hp

jangan pernah mencatat pasword anda dalam media elektronik karena jika suatu saat komputer anda dipegang orang lain atau Hp anda hilang dijalan ,orang lain akan dengan mudah mengetahui pasword anda.
lebih baik jika anda memiliki banyak akun dengan pasword yang susah diingat catat dalam buku dan simpan di dalam rumah ,jika toh rumah anda kemalingan tidak mungkin pencuri akan menggondol sebuah buku. paling yang digondol barang barang berharga seperti hp atau laptop .iya bukan. . . ?

6. Gunakan Kombinasi Angka , Huruf kecil - besar dan Karakter sebagai pasword

Menurut saya ini adalah pasword yang sangat aman karena pasword dengan kombinasi seperti itu akan susah dijebol, walaupun ada orang yang melihat pasword anda tapi saya yakin orang tersebut tidak akan bisa mengingat atau menghafal sebuah pasword yang menggunakan kombinasi angka , karakter dan huruf besar - kecil. karena memang tidak bisa untuk dilafalkan.
misalnya : 2dE,z6>gz
Susah bukan. . ?

7. Gunakan pasword Lebih dari 8 karakter

Semakin banyak karakter yang anda gunakan untuk pasword maka semakin aman pula akun anda , karena akan semakin susah pula untuk menjebol pasword anda

jika pasword anda termasuk pasword yang lemah segera ganti pasword anda dengan pedoman tips diatas. Demikian tips dari saya semoga bermanfaat dan selalu berhati hati pada Cyber Crime