Cara Memasang Fitur Auto ADS Adsense di Blog (Fitur Baru Google Adsense)



Fitur Auto ADS Adsense - Google baru saja mengeluarkan fitur baru pada google adsense mereka, Yaitu fitur Auto Ads, Katanya sih fitur ini bisa menampilkan iklan adsense secara otomatis, Jadi cukup tempelkan satu kode saja, nanti google yang mainkan iklannya tampil dibagian mana saja !!

Tentu saja ini merupakan peluang bagi para publisher/ penayang iklan AdSense untuk menambah earning dan mengoptimalkan kinerja iklannya.

Fitur Auto Ads Adsense ini tentu saja akan memberikan manfaat bagi kita para pemiliki blog, entah blogspot atau wordpress fitur ini bisa kamu manfaatkan. Nah sebelum memasang fitur auto ads silahkan cek manfaat menggunakan fitur auto ads adsense.

Manfaat Menggunakan Auto ADS Adsense

  1. Pengoptimalan: Menggunakan pembelajaran mesin, Iklan otomatis menampilkan iklan hanya jika kinerjanya bagus dan memberikan pengalaman pengguna yang baik.
  2. Pendapatan: Iklan otomatis akan mengidentifikasi ruang iklan yang ada dan menempatkan iklan baru di sana, berpotensi meningkatkan pendapatan kamu.
  3. Mudah digunakan: Dengan iklan Otomatis kamu hanya perlu menempatkan kode iklan di halaman kamu satu kali. Bila kamu siap menggunakan fitur dan format iklan baru.
Apakah Blog Ini Juga Menggunakan Fitur Auto Ads Adsense ?

Iya, Blog Cara-aQbar.com dan Agenponsel.com saat ini juga mengguanakan fitur Auto ads, hanya saja saya menggunakan fitur ini hanya mengaktifkan fitur Anchor ads untuk menampilkan iklan melayang jika pengunjung mengakses blog ini menggunakan smartphone.

Cara Kerja Auto ADS Adsense

Iklan otomatis bekerja dengan cara menganalisis halaman kamu, menemukan potensi penempatan iklan, dan menampilkan iklan baru saat kinerjanya bagus dan memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Cara Memasang Fitur Auto Ads Adsense

  • Pertama masuk ke akun Adsense kamu > pilih menu > Auto ads
  • Jika kamu ingin memasang auto ads di semua blog yang kamu miliki silahkan klik Gambar pensil dibawah tulisan setup auto ads, Namun jika kamu ingin memasang auto ads di blog tertentu silahkan pilih New URL Group
  • Sebagai contoh saya disini menggunakan point yang ke dua, Karena saya ingin memasang iklan hanya di kedua blog saya yang aktif saja.
  • Setelah klik New URL Group kamu akan melihat tampilan seperti dibawah ini. Lalu klik tulisan ADD URL dan masukan url blog kamu yang ingin kamu pasang iklan otomatis / Auto ads lalu klik Next
  • Maka kamu di arahkan kehalaman pengaturan iklan seperti pada gambar dibawah ini. 
Penjelasan Pilihan Jenis Iklan Auto Ads Adsense
Text & display ads 

Pilih / ceklis jenis iklan ini jika kamu ingin memasang iklan Berformat Gambar & Text di tengah-tengah artikel, iklan ini akan muncul dengan ukuran 728 x 90 atau 468 x 60 atau juga 120 x 600

Perlu kamu ketahui karena iklan ini bersifat otomatis maka iklan jenis ini akan muncul pada artikel-artikel tertentu yang biasanya akan muncul jika artikel kamu memiliki kurang lebih 2000 kata.

In-feed ads 

Iklan jenis ini biasanya tampil pada halaman Home / Beranda blog kamu atau juga pada halaman label blog kamu, Iklan ini akan tampil menyesuikan dengan format yang ada pada blog kamu.dan hanya akan tampil jika blog di akses menggunakan perangkat mobile.

In-article ads 

Jenis artikel ini mirip dengan Text & display ads hanya saja pada format ini iklan akan tampil dalam bentu iklan selanjutnya atau iklan terkait bukan berupa iklan gambar atau text, dan artikel ini bisa tampil di komputer atau ponsel.

Matched content 
Jenis iklan ini adalah iklan terkait yang menggabungkan antara konten blog kamu dan iklan, Iklan ini sangat cocok untuk meningkatkan jumplah klik pada adsense, Namun sayanknya iklan jenis ini memiliki nilai BPK yang relatif rendah di bandingkan jenis iklan lainya.

Jenis iklan ini hanya akan tampil apabila blog kamu telah memenuhi syarat untuk menampilkan iklan Matched Content, dalam artian tidak semua blog bisa menampilkan iklan ini, sebagai contoh iklan Matched Content, silahkan lihat dibawah artikel ini.

Anchor ads
Ini jenis iklan yang paling saya favoriykan, dan mungkin teman-teman juga, Karena jenis iklan ini akan menampilkan iklan melayang berukuran kecil pada bagian atas blog atau bawah blog dan jenis iklan ini bisa di sembunyikan / close oleh pengunjung dan ini di syahkan oleh google jadi ngak ush takut ke banned.

Jenis iklan ini hanya akan tampil jika blog di lihat menggunakan ponsel jika dilihat menggunakan komputer atau laptop tidak akan tampil.

Vignette ads 
Jujur saja saya kurang faham dengan jenis iklan ini, Pasalnya kalau di lihat pada gambar dan keteranganya sih iklan ini iklan topup / iklan melayang besar full dan hanya akan dilihat pada versi mobile, namun setelah saya coba iklan sama sekali tidak muncul, Nah jika ada teman-teman yang tahu jenis iklan apa ini dan bagai mana cara pasangnya silahkan tulis pendapat kamu pada kolom komentar.
  • Klik tombol Next dan masukan nama url group yang akan kamu buat ini, Jika sudah klik tulisan Save
  • Jika sudah tersimpan klik tulisan Setup auto Ads untuk mendapatkan kode iklan yang nantinya kamu pasang di website atau blog kamu.
  • Untuk Cara memasang iklan di blog ada dua cara yang pertama kamu bisa memasang code tadi pada template / Edit HTML lalu masukan kode iklan pas dibawah kode 
  • Atau juga bisa melalui menu Tata Letak lalu Tambahkan Gadget Pilih HTML/Javascrip
  • Selesai.
Nah itulah Tutorial Memasang Auto ADS Adsense di blog beserta penjelasanya, Jika ada pertanyaa-pertanyaan mengenai blog / adsense, silahkan tuliskan pertanyaan kamu di kolom komentar. Sekian dan terimakasih telah membaca artikel Cara Memasang Fitur Auto ADS Adsense di Blog (Fitur Baru Google Adsense)