Tips transfer uang dari malaysia ke indonesia melalui agent pengiriman



Sampai saat ini malaysia merupakan salah satu negara yang sangat di minati oleh sebagian rakyat indonesia untuk bekerja dan mencari nafkah,salah satu alasanya iyalah negara tersebut memiliki mata uang yang cukup stabil dan tentunya masyarakatnya yang memiliki kebudayaan dan bahasa yang tidak jauh dari indonesia,maka tidak heran jika malaysia masih menjadi minat bagi para buruh migran dari indonesia.
Dan jika sobat baru pertama kali bekerja di malaysia kemudian bingung bagaimana cara mengirim uang ke indonesia  melalui agent,saya nasehatkan untuk tenang karena hampir di penjuru malaysia terdapat banyak agent-agent pengiriman uang dari agent yang sudah memiliki nama besar seperti western union hingga bermacam-macam agent baik yang ada di pinggir-pinggir pasar.
Namun untuk memastikan keamanan atau memastikan bahwa agent tersebut bisa di percaya baiknya sobat perhatikan hal-hal dibawah ini:

1-Agent memiliki nama yang sudah dikenal banyak orang.

Karena jika sebuah agent memiliki nama besar tentunya agent tersebut akan menjaga nama perusahaanya dan lebih profesional dalam  mengelola management dan servicenya dan jika ada kesalahan-kesalahan yang tidak di inginkan dari pihak agent itu sendiri maka agent tersebut akan bertanggung jawab.

2-Agent tersebut terdaftar sebagai agent remitance di malaysia.
Banyak agent pengiriman uang yang berada di malaysia tidak terdaftar secara resmi sebagai remitance oleh pihak mlaysia,sehingga jika terjadi apa-apa akan sulit bagi kita untuk mengecek atau melaporkan masalah tersebut.
Dan biasanya jika agent tersebut terdaftar akan memiliki nomer seri resmi dari pemerintah malaysia.

3-Resit yang meyakinkan.
kebanyakan agent-agent yang tidak resmi akan mengeluarkan resit ala kadarnya,seperti resit yang berupa kertas tanpa tertera no telphone agen atau nama agent bahkan no resmi agent.
walau selama ini banyak teman - teman yang menggunakan jasa agent tersebut,bagi anda yang baru bekerja dan mengenal orang di sana demi keamanan dan hal-hal yang tidak di inginkan baiknya anda hindari menggunakan jasa  agent tersebut.

4-Terpercaya
Untuk mengetahui seberapa tinggi suatu agent bisa di percaya adalah bagaimana atau berapa banyak coustomer yang menggunakan jasanya,karena sudah pasti jika agent bisa di percaya pastinya akan memiliki banyak coustomer.

5-Memiliki rate yang tinggi
kebanyakan antara agent satu dan agent yang lain memiliki perbedaan dalam menentukan rate.
sebagai contoh ada 2 agent A dan B pada hari dan waktu yang sama mengeluarkan rate seperti berikut:
untuk si A memiliki rate Rm1.00 = 3.500,00
dan untuk si B memiliki rate untuk Rm1.00 = Rp.3.200,00
jadi pastikan anda menggunakan jasa dari si A.

Nah sebelum mengirim atau mentransfer  uang tersebut pastikan hal-hal yang saya sebutkan di atas itu tadi sudah benar-benar anda mengerti,dan  sebelum sobat ingin mentransfer uang pastikan beberapa hal yang di butuhkan seperti:
  • Nama dan No Rekening bank  sudah benar.
  • Jumlah uang yang akan di transfer dan  rate untuk nilai mata uang yang akan di terima cocok dan benar.
jadi sebelum anda sign resit atau keluar dari ruang agent tersebut pastikan anda hitung berapa jumlah uang yang di kirim dan berapa nominal yang akan di terima di negara tujuan.
Itulah sedikit tips dari saya dan semoga bermanfaat.