ROOT & INSTALL XPOSED SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL + FIX CAMERA




ROOT & INSTALL XPOSED SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL + FIX CAMERA - Smartphone keluaran Sony yang di lepas kepasaran Agustus 2015 ini di bekali dengan processor Octa-core 1.7 GHz Cortex-A53. Untuk sistem operasi Android di bekali dengan Android 5.0 Lollipop namun bisa upgrade ke Android 6.0 Marsmallow. Awal memegang smartphone ini terasa sekali Desain khas Sony mulai dari tombol dan juga desain body'nya. 

Seperti pada Smartphone High-end keluaran vendor lain'nya, SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL juga di Lock Bootloadernya. Sebenarnya Lock Bootloader sendiri merupakan fitur keamanan yang di buat oleh Vendor Ponsel. Namun banyak pengguna Android yang memilih melakukan Unlock Bootloader untuk kepentingan modifikasi device'nya. Pada smartphone SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL sendiri jika statusnya masih Lock Bootloader maka kita tidak bisa menginstall/memasang Custom Recovery (TWRP). Imbasnya jika belum terpasang Custom Recovery (TWRP) maka user tidak bisa melakukan flash/install modul-modul untuk modifikasi device'nya. Namun jangan berkecil hati bagi anda yang ingin melakukan ROOT SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL dan juga memasang xposed tanpa harus unlock bootloader. Karena di artikel ini saya akan membagikan pengalaman saya ROOT SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL & install Xposed framework tanpa harus unlock bootloader.

Kabar baiknya adalah SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL menggunakan Chipset MEDIATEK. Menurut pengalaman pribadi saya Chipset keluaran MEDIATEK ini kemungkinan berhasilnya besar jika di root menggunakan Kingroot. Maka terlebih dahulu anda harus mengunduh kingroot dan Rooting device anda menggunakan Kingroot. Pada saat melakukan proses ROOT SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL saya menggunakan Kingroot Versi 4.8.0. Untuk mendapatkan Kingroot anda bisa mengunduhnya di sini.

BACA JUGA :

KINGROOT... ROOT ANDROID TANPA PC


Install seperti biasa dan jangan lupa untuk mengaktifkan sumber tidak di kenal di pengaturan ponsel.Setelah  ROOT SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL berhasil pastikan status ROOT dengan aplikasi ROOT CHECKER untuk mengeceknya. ROOT CHECKER bisa anda unduh di playstore secara gratis. Jika status ROOT berhasil di verifikasi silhakan unduh file-file berikut :


LINK DOWNLOAD

Sekarang kita masuk ke Step Replace Kingroot ke SuperSU. Untuk memaksimalkan fungsi ROOT SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL kita harus mereplace kingroot ke SuperSU. Jika menggunakan Kingroot kita tidak bisa menjalankan aplikasi FLASHFIRE ,Aplikasi ini berfungsi untuk Flash Xposed Framework sebagai pengganti TWRP. 

Langkah-langkah Replace Kingroot ke SuperSu SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL :

  1. Install TERMINAL EMULATOR
  2. Pastikan ROOT EXPLORER sudah terinstall. Buka aplikasi ROOT EXPLORER.
  3. Extract File REPLACE KINGROOT (file berbentuk .zip) Extract ke memory internal sampai muncul Folder MRW.(ingat ya folder MRW harus di memory internal)
  4. Buka TERMINAL EMULATOR ketik "SU" (tanpa tanda kutip) lanjut ENTER
  5. TERMINAL EMULATOR akan meminta akses ROOT klik ijinkan.
  6. Ketik Script ini : "sh sdcard/mrw/root.sh" (tanpa tanda kutip) lanjut ENTER
  7. Biarkan prosesnya berjalan. Jika muncul notifikasi binary update pilih NORMAL jangan pilih CWM / TWRP.
  8. Jika muncul Notifikasi Reboot klik saja Reboot.

Setelah SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL berhasil masuk ke menu home screen setelah reboot pastikan SuperSU sudah succes terinstall di device anda. Jika belum muncul dan Kingroot masih ada (jika succes kingroot akan hilang) ulangi lagi proses Replace Kingroot ke SuperSu hingga berhasil.

Setelah sukses ROOT SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL Tahap selanjutnya adalah menginstall Xposed Framework. 

Langkah-langkah Install Xposed Framework SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL :
  1. Buka aplikasi FLASHFIRE
  2. Jika meminta akses Root klik ijinkan
  3. Klik tombol panah di pojok kanan bawah
  4. pilih "FLASH ZIP or OTA" 
  5. Browse File pilih File ZIP FRAMEWORK XPOSED yang sudah kita download tadi.
  6. Jika sudah klik saja gambar cheklist di pojok kanan atas 
  7. Scrooll Ke bawah klik tulisan "FLASH" muncul notif klika saja OK
  8. Biarkan prosesnya berjalan
  9. Ponsel akan otomatis Reboot.Proses masuk ke Home Screen akan sedikit lama dari biasanya jadi sabar & ga usah panik.
  10. Setelah masuk ke Home Screen install  XPOSED APK yang tadi sudah di download.
  11. Buka Aplikasi Xposed dan cek di Frameworknya.
  12. Jika berhasil akan ada tulisan berwarna Hijau, jika yang muncul tulisan warna merah maka proses install gagal (ulangi lagi dari awal)

BACA JUGA :

CARA MUDAH INSTALL XPOSED FRAMEWORK DI PONSEL ANDROID


Setelah Xposed framework succes terinstall anda bisa mengunduh modul-modul Xposed di menu download. Untuk menggunakan modul anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan memberi cheklist dan reboot device. Untuk mempermudah silahkan simak video tutorial berikut, Tonton sampai selesai ya agar step by stepnya mudah di pahami.

VIDEO TUTORIAL
Setelah berhasil ROOT SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL dan Xposed Framework ada bugs yang akan muncul. Ya... camera bawaan tak bisa di gunakan (Force Close) . Sebenarnya bisa saja di akali dengan menginstall Aplikasi Camera lainnya dari Playstore. Namun rasanya kurang nyaman jika Camera bawaan tidak bisa di gunakan. Terlebih SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL memang terkenal dengan kualitas gambarnya yang tajam. Untuk memperbaiki Camera agar bisa di gunakan silahkan download dulu file ini :

Simpan di tempat yang mudah di temukan. Jika sudah maka proses Fix Camera SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL adalah sebagai berikut.

Langkah langkah Fix Camera SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL :
  1. Buka ROOT EXPLORER
  2. Copy COMMONCAMERA.APK ke dalam folder Root - System - Priv App - CameraCommon.
  3. Replace file yang sebelumnya.
  4. Klik & tahan pada COMMONCAMERA.APK pilih titik-titik 3 baris yang ada di pojok kanan atas.
  5. Pilih Permissions rubah jadi RW - R - R
  6. Jika sudah klik OK
  7. Selamat Camera sudah berfungsi dengan Normal.

Untuk mempermudah silahkan simak video tutorial berikut.

VIDEO TUTORIAL
Jika ada link download yang mati silahkan laporkan di kolom komentar. Jika ada pertanyaan seputar ROOT SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL ataupun install Xposed SONY XPERIA C5 ULTRA DUAL silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share melalui tombol Sosmed di bawah ini. DWYORK.....Do With Your Own Risk....!!!!!