AKUN YOUTUBE DI TANGGUHKAN / SUSPENDED






AKUN YOUTUBE DI TANGGUHKAN / SUSPENDED - Youtube lebih dari TV he..he... penggalan lirik lagu dari young lex bagi saya pribadi memang benar adanya. Dalam artian peran Youtube dalam memberikan informasi,memberikan edukasi dan juga tempat orang melepas penat dengan menonton video-video lucu & kocak melibihi dengan konten-konten yang disediakan oleh Televisi. Bahkan menurut saya acara-acara yang di suguhkan televisi saat ini jika di bandingkan ketika saya masih kecil jelas jauh berbeda secara kualitas. Banyak stasiun-stasiun televisi yang keukeuh menayangkan sebuah acara yang sama sekali ga berbobot dengan alasan rating'nya yang tinggi, tanpa menghiraukan dampak yang diberikan kepada penonton di bawah umur. Kisah percintaan,pergaulan anak kota yang serba glamour selalu menjadi santapan kita tiap hari jika mengikuti sinetron-sinetron yang kerap lalu lalang di tayangkan di channel-channel tv swasta. Belum lagi acara-acara reality show yang semakin hari semakin ga karuan namun tetap lolos dan masih terus tayang. Sedangkan acara yang menayangkan ANIME (kartun jepang) malah di stop penayangan'nya dengan alesan ada adegan perkelahian. Bukan hal yang aneh lagi jika jaman sekarang anak kecil lebih suka menonton Sinetron sedangkan yang remaja malah menyukai acara-acara ANIME.

YOUTUBE bagi saya bukan hanya tempat mencari hiburan namun juga tempat mengekspresikan diri. Banyak orang yang menyalurkan hobinya di youtube. Ada yang Nge'Vlog ada yang bikin channel tutorial dan lain-lain. Bahkan dengan menyalurkan hoby bisa meraih penghasilan di youtube.Ga heran lagi kan jika Youtubers papan atas dapat meraup puluhan juta rupiah dalam setiap bulan'nya.

Channel saya sendiri berisi tentang tutorial seputaran android. Tentang Flashing,Root dan juga lain-lainnya yang berbau dengan oprek android,namun yang di oprek masih sebatas Software bukan hardware. Biasanya di akhir pekan atau bahasa gaulnya Weekend, traffic channel saya meningkat. Sebuah kepuasan sendiri bagi saya bisa membalas komentar-komentar dari teman-teman yang singgah dan menonton video saya. Ada kalanya mereka melayangkan sebuah pertanyaan dan adapula yang sebatas ngasih review kalo tutorial yang saya berikan berhasil mereka praktekan di rumah. Tak sedikit pula yang mendoakan saat mereka sukses oprek ponsel'nya dengan mengikuti tutorial dari channel saya. Bagi saya semua itu menjadi motivasi saya untuk terus mengupload video tutorial seputaran android. 



Namun hal yang di takutkan bagi para creator content pun tiba menghampiri saya. Saat itu minggu pagi saat saya hendak mengunjungi channel saya tiba-tiba akun youtube tidak bisa di akses/login. Saat saya buka email betapa terkejutnya melihat email dari youtube bahkan akun saya di tangguhkan karena berulang kali melanggar pedoman komunitas. 




Yang membuat saya tak habis pikir pelanggaran yang saya buat adalah spam/content yang menipu secara komersial. Anehnya tak ada notifikasi teguran sebelum-sebelum'nya tiba-tiba akun langsung di tangguhkan. Saat itu juga saya langsung banding melalui link yang di sediakan dalam email tersebut. Saya yakin karena content video yang saya buat memang sama sekali tidak melanggar Hak Cipta. Proses pembuatan'nya pun saya rekam sendiri (bukan reupload video orang) jikapun ada music saya menggunakan No Copyright Music dan tak lupa saya bubuhkan judul dan pembuat lagunya di deskripsi video.Bermodalkan keyakinan yang saya miliki saya pun mencoba banding. Dan hasilnya di keesokan harinya saya mendapat notifikasi berupa email bahwasanya akun saya sudah bisa di akses kembali.




Menurut hasil sharing dengan para senior-senior  yang lebih dulu berkecimpung di dunia Youtube,hal-hal seperti ini memang wajar adanya bagi para Creator Content baru macam saya ini. Saya juga mengucapkan terima kasih atas ilmu dan juga wejangan-wejangan sahabat & juga senior yang berada di Indonesian AdSense Publisher Discussion    yang selalu menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang saya posting. Untuk proses banding dan dibukanya kembali akun Youtube yang di tangguhkan,menurut hasil sharing dari teman-teman di Group berbeda-beda. Jika anda beruntung dalam hitungan hari akun bisa di akses kembali. Namun ada juga yang dalam hitungan Bulan baru bisa di akses kembali. Bagaimanapun juga jika hal semacam ini menghampiri anda tetap semangat karena ini baru sebuah awal. 

Kurang lebih begitulah pengalaman saya tentang akun Youtube yang di tangguhkan. Jika kalian mengalami hal yang sama bisa di ceritakan di kolom komentar. Tetap semangat & terus berkarya.