FIX SIGNAL REDMI 2 PRIME HM2014813 MIUI8 LOLLIPOP V8.1.1.0






FIX SIGNAL REDMI 2 PRIME HM2014813 MIUI8 LOLLIPOP V8.1.1.0 - Setelah melakukan Upgrade ke Lollipop menggunakan metode fastboot melalui miflash,tiba-tiba signal lenyap/tidak muncul.Anehnya saat masuk ke pengaturan Simcard sudah terdeteksi,jaringan 4G LTE pun aman/tidak hilang. Saat itu saya pikir ini hanya efek setelah flashing Rom.Mungkin jika devices di restart akan kembali muncul signal'nya. Namun setelah devices di reboot ternyata signal bar tetap tidak muncul. Ada apa dengan Handphone ini...? Sebelumnya saya pernah Flashing Redmi 2 Prime ekor 17 namun proses berjalan lancar.

Setelah saya cari di forum-forum MI akhirnya saya menemukan jawabannya.Redmi 2 memang mempunyai Variant yang paling banyak dia antara Devices Xiaomi yang lain'nya. Ternyata penyebab Signal tidak muncul adalah kesalahan Flashing ROM,karena sebenarnya Redmi 2 ekor 13 bukanlah Redmi 2 Prime seperti yang kita ketahui selama ini.Banyaknya distributor yang membawa masuk handphone ini ke indonesia membuat kita berpikir bahwa REDMI 2 PRIME HM2014813 dengan Spek 2GB ram & 16GB rom ini adalah Redmi 2 prime.Menurut informasi yang saya dapat di forum MIfans sebenarnya handphone ini di buat untuk china mobile dan hanya di perjual belikan di China.Ada yang menyebut HM2014813 ini sebagai Redmi 2A ada pula yang menyebut ini adalah Redmi 2TD. Untuk mengenali Redmi 2 anda bisa mengeceknya melalui CPU-Z (download di play store) atau bisa juga dengan melihat build number yang ada di belakang baterai. Inilah alasan kenapa kita harus mengenali Code Name Xiaomi Devices. Salah satunya adalah menghindari Masalah-masalah yang terjadi setelah Flashing.

BACA JUGA :

Xiaomi Devices Codename List


Macam-macam variant Redmi 2 :
  • Redmi 2 Biasa & Prime = HM2014811/17/18/21 (wt88047)
  • Redmi 2 A/Enchanced = HM2014812/13/16 (wt86047)
  • Redmi 2 Pro = HM2014849

Rom yang cocok untuk Versi ini adalah Rom untuk Redmi 2 biasa jangan sekali-kali menggunakan Rom Redmi 2 Prime. Namun jika sudah terlanjur dan ingin memunculkan kembali Signal yang hilang kita harus flash ulang modem NON-HLOS.bin . Seperti yang sudah saya singgung di atas modem handphone ini berbeda dan sebenarnya di buat untuk negara china.Namun kelebihan dari handphone ini sudah support network TDD yang bisa kita pasangi dengan simcard smartfreen dan juga Bolt.Beda halnya dengan Redmi 2 Prime 2014817 yang hanya mendukung duplex FDD.



Untuk memunculkan kembali signal yang kita butuhkan adalah Modem NON-HLOS.bin yang bisa kalian download melalui link berikut


Sebelumnya pastikan MiPCSuite sudah terinstall di Pc/laptop anda.Jika belum punya bisa mendownloadnya melalui link berikut :


Langkah-langkah seperti berikut :

  • Install MiPcSuite (abaikan jika sudah terinstall)
  • Extract file MODEM NON-HLOS.bin menggunakan winrar atau sejenisnya.
  • Copy file MODEM NON-HLOS.bin ke directori folder berikut 
Program Files(x86) - Xiaomi - MiPhone - Google - Android
  • Masih di dalam folder android tahan tombol "shift" di Keyboard , Klik kanan mouse pilih "Open command window here" akan muncul tampilan CMD.
  • Matikan Handphone , Masuk ke mode Fastboot dengan menekan tombol power + volume bawah secara bersamaan sampai muncul logo Mibunny lagi benerin robot android.
  • Koneksikan Handphone ke Pc/Laptop menggunakan Usb Cable.
  • ketik "Fastboot flash modem NON-HLOS.bin" (tanpa tanda kutip) tekan enter.
  • Tunggu prosesnya berjalan
  • Jika sudah ketik "Fastboot Reboot" tekan enter
  • Device akan restart 
  • Setelah Restart signal yang hilang akan kembali muncul.

BACA JUGA :

CARA MUDAH INSTALL XPOSED FRAMEWORK DI PONSEL ANDROID


Untuk mempermudah Simak Video Tutorial berikut ini 


Demikianlah tutorial singkat FIX SIGNAL REDMI 2 HM2014813 MIUI8 LOLLIPOP V8.1.1.0. Saat melakukan flash ulang modem, devices saya berada di MIUI8 Lollipop V8.1.1.0 Proses berjalan lancar dan signal kembali muncul. Cara ini cukup ampuh ketimbang flash menggunakan TWRP/Miflash. Karena ada sebagian yang menganjurkan Flash ulang modul modem menggunakan Miflash.

Jika ada Link download yang mati silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share . Saya ucapkan terima kasih kepada Forum MiFans.web.id. -Do With Your Own Risk-