Saturday, November 26, 2016

Ricky Febrian

Apa itu twrp dan cwm? Berikut penjelasan lengkapnya

    No comments:

Apasih itu twrp/CWM? Mungkin Pertanyaan tersebut yang ada di pikiran kalian. Nah,menurut penelusuran 75% pengguna Android tidak tau hal tersebut karena hanya orang-orang yang suka mengoprek system di HP android yang paham betul pengertian dan fungsi dari twrp/CWM. Oleh karena itu saya menulis artikel ini biar kamu tidak gagal paham lagi tentang fungsi dari twrp/CWM berikut ini:

Apa sih itu twrp dan cwm? Berikut penjelasan lengkapnya.

Perbedaan dari twrp dan CWM pada umumnya fungsinya yang sama namun yang lebih familiar adalah CWM dibandingkan twrp. Karena semakin populernya istilah kata CWM,hingga ada beberapa sumber situs yang mengatakan kalau recovery yang mereka gunakan adalah cwm padahal nyatanya yang ia gunakan adalah twrp,namun pada umumnya pengguna Android lebih banyak yang menggunakan recovery CWM dibandingkan dengan twrp,kecuali pengguna smartphone Xiaomi yang memang mayoritas menggunakan twrp.

Apa itu twrp?
Tampilan recovery twrp

Twrp adalah kepanjangan dari Tim win recovery project. Twrp pada Android merupakan recovery open-source yang sudah support menggunakan layar sentuh/touchscreen,namun fungsi keseluruhan sama saja dengan CWM hanya saja tampilannya yang berbeda.

Apa itu cwm?
Tampilan recovery cwm

CWM sendiri adalah kepanjangan dari ClockWorkmod yang merupakan hasil modifikasi dari recovery asli/bawaan Android hanya saja CWM ini fiturnya lebih lengkap dibanding recovery bawaan. Fungsi dari CWM sendiri yaitu bisa digunakan untuk factory reset,backup,restore,dan Instal/flash ulang Rom yang tidak bisa dilakukan menggunakan recovery asli/bawaan. Untuk tampilan dari CWM sendiri biasanya masih basic dan cara pengoperasiannya juga belum mendukung layar sentuh/touchscreen atau masih menggunakan tombol power,Volume up dan Volume Down saja.

Kesimpulan dari fungsi dan perbedaan twrp dan CWM adalah hanya berbeda tampilan dan pengoperasian saja,twrp sudah mendukung layar sentuh/touchscreen dan CWM belum mendukung layar sentuh Namun fungsinya sama saja.

Sudah jelas mengenai Apa itu twrp dan CWM? Jangan lupa share artikel ini agar teman-teman yang lain bisa tau.