Thursday, May 26, 2016

Ricky Febrian

5 Langkah Sederhana Cek Xiaomi Asli atau Palsu

    No comments:

Bingung ketika pertama kali membeli produk xiaomi? atau merasa takut ketika barang distributor / second yang barusan kamu beli asli atau palsu.

Mimin punya beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memastikan kalau xiaomi yang kamu punya asli atau enggak. Gak perlu pake ribet, beberapa bisa langsung dipraktekkan ditempat dimana kamu beli. Ada 5 cara yang bisa kamu coba salah satunya atau semuanya juga boleh 😃


1. About Phone
Langkah paling mudah yang bisa kamu lakuin ketika membeli produk xiaomi berlaku untuk garansi distributor dan barang second adalah dengan cara mengecek spesifikasi smartphone melalui Settings>About Phone.

Kamu bisa bandingkan dengan about phone yang orang lain punya, atau membandingkan dengan spesifikasi yang tertulis di situs resmi xiaomi http://mi.com/id.

2. AnTuTu Benchmarking
Semisal spesifikasi pada About Phone kurang bisa membuat kamu percara kalau barang yang kamu beli itu asli, download aplikasi AnTuTu Benchmarking. Kemudian cek SoC, RAM, Storage, hingga sensor-sensornya.

3. Mi Verification
Merupakan aplikasi resmi dari xiaomi untuk memastikan barang yang kamu beli asli atau palsu. Caranya dengan mengunjungi situs http://jd.mi.com kemudian download aplikasinya melalui link download yang ada disana.


Scan menggunakan aplikasi yang tadi didownload, apabila asli halaman akan berwarna hijau dan menunjukan identitas ponsel berikut kode IMEI. Diperlukan daya baterai minimum 50% untuk melakukan scan & identity.

Dari pengalaman admin, software ini tidak begitu akurat karena belum semua imei dari xiaomi yang dijual sudah diinputkan seluruhnya. Padahal Redmi2 yang mimin punya dulu dibeli langsung dari situs mi.com.

4. IMEI
Kamu bisa mengecek ponsel xiaomi yang kamu punya asli atau palsu menggunakan nomor IMEI, bisa dilihat melalui Settings>About phone>Status


Buka situs http://imei.info kemudian inputkan 1 digit nomor IMEI yang tertera disana, kemudian klik tombol Check.

5. Flash Official ROM
Xiaomi sudah menyediakan wadah untuk pengguna mi device diseluruh dunia, kunjungi link http://en.miui.com/download.html kemudian download firmware yang sesuai dengan perangkat yang kamu pakai. 

Pastikan Wipe All Data supaya bersih & semisal terjadi software modification bisa hilang dan terlihat jelas spesifikasi asli dari smartphone yang kamu beli. Selain itu tentu saja, kalau kamu dapet xiaomi palsu gak bakal bisa diflash rom official.