Tips Hemat Baterai Android



Halo, mau ngasi tips tips aja nih buat lebih hemat batere, ngga perlu root atau hal hal yang terlalu advanced gitu. Soalnya HH gw sendiri ngga di root =)) .

Sebenernya apa sih yang bikin batere kita boros? Biasa 3 hal ini yang bikin batere kita boros
  1.  Fitur yang selalu nyala
  2. Aplikasi yang selalu jalan di background
  3. Aplikasi yang jalan make GCM

  • Fitur yang selalu nyala
                Percaya ngga, 3G itu makan batere gede banget. Nah, kalau memang lagi ngga pakai browsing, atau memang lagi nyambung ke WiFi, matiin aja 3G nya, jadiin 2G. jaminan deh lebih hemat J .

                WiFi positioning, ini juga bikin boros, di android 4.3 keatas, ada fitur WiFi positionin, dimana dia selalu scanning WiFi yang ada buat menentukan lokasi. Macam GPS gitu, tapi dia selalu scan terus. Ini bisa dimatiin di pengaturan WiFi di HH, nama fiturnya �Scanning always available� .

                Matiin juga GPS kalau emang lagi ngga dipake.
  • Aplikasi yang selalu jalan di background.
Pertama tama, gw ngga percaya sama aplikasi battery saver battery saver yang ngeclaim bisa save batere sampe 2-3x , soalnya itu malah bikin boros (sepengalaman gw sih gitu) . tapi ada juga yang bikin hemat soalnya dia ngatur konektivitas HH kita, macam DS Battery Saver atau Juice Defender gitu, yang matiin koneksi 3G pas HH dikunci, dengan refresh rate tertentu.

Nah, aplikasi aplikasi yang jalan ini nih yang bikin ribet, tau game game sekarang? Macam CoC, dll yang kadang ngeluarin notifikasi? Nah itu makan batere juga loh. Secara dia sync terus di background.

Solusinya? Abis main game, masuk ke task manager bawaan HP, swipe deh aplikasinya, alias ditutup. Kalau masih nongol aja, coba cari di pengaturan gamenya, dan matiin fitur notifikasinya.

  • Aplikasi yang jalan make GCM

Apaan sih GCM ini? GCM itu Google Cloud Messaging, ini API yang kebanyakan dipake sama aplikasi Messenger di Android.

Percaya ngga? LINE, BBM, KakaoTalk itu BOROS BANGET. WhatsApp sih masih ngga seberapa. Jadi solusinya? Install aja aplikasi messenger yang perlu perlu, ngapain juga install BBM sampe 3 aplikasi dalam 1 HP. Ada ada wae.

Semoga membantu :D