yuk belajar servis karburator motor sendiri dirumah



peran karburator pada motor adalah sebagai tempat bercampurnya antara bahan bahar dan udara yang nanti akan dimasukan keruang bakar oleh karburator melalui klep in untuk diledakan.

servis pada karburator biasanya dibarengi dengan pergantian oli rutin, agar tetap terjaga kinerja pada mesin motor. apabila tidak terawat maka motor akan terasa kurang bertenaga dan boros.

saya juga pernah membahas tentang cara servis cvt motor sendiri dirumah buat yang ingin mencobanya. nah sekarang saya akan membahas cara servis karburator sendiri dirumah.

untuk yang malas ke bengkel dikarenakan ngantri, bisa mencobanya dirumah. dan tidak perlu takut salah. tapi sebelum memulainya ada beberapa hal yang perlu disiapkan.

untuk alat yang perlu disiapkan sebelum melakukan servis :

  1. konci lengkap yang umum digunakan seperti obeng plus dan min, T10, T8, dan L5
  2. wadah untuk servis karburator
  3. karbu cleaner
  4. bensin
  5. kompresor untuk yang punya, atau bisa juga kain lap.
setelah semuanya sudah dipersiapkan lanjut ke tahap berikut

buka bagian bodi yang menutup karburator

- untuk motor matik biasanya yang dibongkar adalah dek mesin dan jok atau box aki pada motor

- untuk motor bebek biasanya hanya membuka sayap bodi pada motor sudah terlihat karburatornya. tapi berbeda untuk motor jupiter mx yang harus membuka bagian jok motornya.

- untuk motor gede seperti rx king, scorpio, thunder, atau megapro saya rasa sudah terlihat bagian karburatornya, jadi tidak perlu repot untuk membuka bodi

lepaskan karburator pada mesin motor


buka karburator motor

biasanya untuk melepaskan karburator dari bagian mesin harus mencopot saringan udara terlebih dahulu, mungkin ada beberapa yang langsung bisa dicopot tanpa harus melepas saringan udara.

tapi tetap saja kita harus melepaskan saringan udara untuk keperluan dibersihkan. kalau sudah tidak bisa dibersihkan bisa membelinya dibengkel.

Buka bagian dalam karburator motor


bagian dalam karburator

buka semua bagian dalam karburator seperti main jet, pilot jet, pelampung, vakum, dan yang lainnya, untuk dibersihkan.

taruh pada wadah yang sudah disiapkan dari awal setelah itu isi wadahnya dengan bensin. bersihkan karburator dan bagian lainnya dengan karbu cleaner lalu bilas dengan bensin.

perhatikan komponen bagian dalam karburator, apabila ada yang rusak bisa membeli partkit karbulator dibengkel.

setelah semua selesai, bisa dipasang kembali.

untuk tahap penyetelan karburator pertama tutup dahulu air screw ke kanan jangan sampai terlalu kencang, setelah itu buka air screw ke kiri perlahan hingga dapat suara mesin tertinggi.

nah sekarang sudah selesai, tinggal pasang bodi nya kembali, jika ada yang mau ditanyakan silahkan tinggalkan komentar dibawah, semoga bermanfaat.