penyebab dan cara mengatasi motor tidak bisa starter tangan



kemajuan teknologi yang pesat membuat motor semakin canggih, dahulu motor belum memiliki fungsi starter, tapi sekarang sudah pasti semua kendaraan terbaru memiliki fitur tersebut.

starter berfungsi untuk mempermudah saat mengedarai sepeda motor, yang sebelumnya memerlukan tenaga ekstra untuk menghidupkan kendaraan sekarang lebih dipermudah hanya dengan menjentikan jari sudah bisa hidup.

kalau fungsi starter tangan ini rusak dapat menghambat aktivitas kita, kalau masih ada fitur kick starter tidak jadi masalah. tapi untuk yang tidak memiliki fitur starter seperti motor gede atau vespa matik baru merupakan masalah besar.

berikut beberapa penyebab motor tidak bisa starter 

aki atau batterai yang sudah tekor

aki adalah sumber utama kelistrikan motor, apabila mengalami kerusakan atau lemah maka akan berpengaruh semua terhadap kelistrikan motor seperti fungsi starter.

tapi tidak semua jenis motor bertumpu pada aki, mungkin ada motor yang masih bisa hidup tanpa aki. dengan menggunakan kick starter atau engkolan bahasa umumnya.

aki yang masih bagus adalah yang masih memiliki tegangan setara 12volt. apabila sudah dibawah 12volt berarti sudah lemah atau drop.

apabila aki masih bagus tetapi tidak bisa starter, berarti terjadi kerusakan pada komponen lainnya.


bendik starter yang bermasalah

bendik starter adalah komponen penghubung antara aki dengan dinamo starter, nah makanya bagian ini juga wajib diperiksa. tanpa adanya penghubung ini starter tidak akan bekerja.

biasanya tempat bendik starter berdampingan dengan tempat aki pada motor, tapi tidak semuanya sama. berikut gambar bendik starter untuk yang belum tahu.


bendik starter motor


cara periksa bendik yang rusak adalah coba pencet tombol starter apabila tidak bunyi coba periksa kabel yang mengarah ke bendik starter.

tapi jika saat dipencet tombol starter bendik masih bunyi coba di cek bagian dinamo starternya.

saat melakukan pengecekan ini keadaan aki harus dalam kondisi sehat yang memiliki tengangan 12volt.



dinamo starter yang sudah mati

dinamo starter adalah komponen yang digunakan untuk starter tangan atau elektrik. biasanya kalau aki pada motor masih bagus tetapi tidak bisa starter bisa jadi masalahnya dari bagian ini.

periksa bagian areng dinamo, areng yang sudah habis tidak dapat membuat dinamo starter bekerja dengan baik. apabila arengnya masih bagus lihat gulungan pada dinamo, apabila bau hangus bisa dipastikan dinamonya terbakar,

tapi dinamo yang terbakar sebuah hal yang jarang terjadi pada motor apabila tidak ada korsleting pada kelistrikannya.

terakhir coba cek bagian ini

saklar dan switch starter yang rusak


saklar kanan motor

nah yang paling sering terjadi untuk masalah starter adalah saklar starter yang sudah rusak, mungkin karena serlalu sering kena air hujan atau air asin yang membuat bagian dalam saklar berkarat.

cara mengatasinya bisa disemprotkan dengan karbu cleaner atau wd pada saklar, apabila masih tidak bisa juga gantilah dengan yang baru.


bersihkan saklar dengan karbu cleaner

selain saklar starter juga terdapat pemicu untuk starter yaitu switch rem. nah bagian ini jangan sampe terlewatkan untuk di cek.

cara pengecekannya lihat lampu belakang saat rem dipencet, kalau nyala berarti normal. pastikan lampu belakang tidak ada masalah.

kalau tidak nyala berarti saklar nya rusak, segera ganti dengan yang baru, untuk yang lagi kepepet bisa juga dilangsungkan. tapi efeknya lampu belakang akan nyala terus.

nah itu saja mungkin dari beberapa cara mengatasi motor tidak bisa starter diatas dapat membantu dan baca juga cara perbesar pengapian sepeda motor. kalau ada yang mau ditanyakan bisa berkomentar dibawah.