Setelah Peringatan Tidak di Respon, Akhirnya Tiket.com di bobol oleh Sultan haikal



Sultan Haikal seorang hacker lulusan SMP yang Akhir-akhir ini menjadi pembicaraan banyak netizen karena ulahnya yang  telah membobol situs tiket.com dan membuatnya harus berurusan dengan pihak berwajib.

Sebelum di tangkap polisi karena telah menggelapkan uang senilai 4.1 milyar dari situs tiket. com hacker muda itu juga pernah dikabarkan pernah membobol 4.600 situs internet lainya,kabar itu diperoleh dari salah satu dari 4 teman haikal yang juga di ciduk oleh polisi.

ada cerita menarik dari kasus haikal ini.jika di dunia internasional kita mengenal Hamzah bin Dlaz hacker algeria yang di hukum mati dan juluki robinhood karena uang hasil dari membobol bank-bank amerika di salurkan ke lembaga sosial palestina dan afrika.untuk membantu penduduk korban perang dan kalaparan, maka di indonesia ada sultan haikal,karena cerita mereka hampir sama.
menurut kakak haikal sendiri ,ada seorang wanita yang pernah menjadi pacar haikal mengatakan bahwa haikal adalah sosok hacker yang dermawan, karena sifat dia yang selalu membantu orang2 miskin atau memberi uang para gelandangan dan pengemis. seperti yang di katakan kakak haikal,shabrina jasmine di akun instagramnyaa:
@shabrinajasmine:"Ini ya di line aq bangga nemuin komentar anak ini, yg bilangnya mantannya haikal adik aq, adik aq itu bukan org jahat,,dan aq udh nanya sama adik aq siang ini, bener ga kalau itu nama mantannya dan dia jwb "iya",,
kalian tau uang apa? dia itu dpt uang dari kerja jaga keamanan suatu situs,yg berhasil dia hack jika masuk ke situsnya nnti dia tawari penawaran melalui email ke kepala web bersangkutan, baru dia buka penawaran untuk mengamankan situs tersebut,, itulah adik saya
Maka tidak heran jika banyak netizen indonesia membuat tagar #savehaikal dan menjuluki dia sebagai robinhood indonesia.

Jika Hamzah bin dlaz pernah ingin di rekrut oleh pasukan pertahanan israel sebagai salah satu cyber army,maka haikal juga sama, karena kabar terbaru haikal akan di rekrut oleh POLRI  sebagai pasukan cyber crime polri untuk membantu polisi mengungkap kasus-kasus kejahatan yang berhubungan  dengan dunia maya.
kabar itupun di Akui oleh Kanit III Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, AKBP Idam Wasiadi.
"Iya, biar jadi lurus dan bermanfaat bagi bangsa," ujar Idam seperti yang di kutip dari detik.com Jumat (7/4/2017).
Jadi kemungkinan besar setelah haikal bebas dari penjara dia akan menjadi salah satu tim cyber POLRI.

Setelah saya telusuri bisa di katakan  haikal memang hacker yang bisa di kategorikan hacker putih.karena sebelum di tahan polisi karena di laporkan telah membobol tiket. com,haikal pernah membuat tweet dalam akun tweeternya yang bernama @haikalmoeslim yang intinya mengingatkan kepada tiket. com bahwa ada bug atau celah dalam situs tiket. com yang rawan dan bisa berakibat fatal.
haikal hacker indonesia

mungkin karena tidak ada respond akhirnya situs tersebut di bobol oleh haikal untuk menunjukan bahwa yang dia katakan itu benar dan tidak main-main.
karena sebelumnya dalam tweetnya haikal pernah menyindir beberapa situs yang pernah dia ingatkan namun tidak di respond dengan baik oleh pengelola situs-situs online tersebut.salah satunya adalah situs lazada.id.
haikal hacker indonesia

haikal hacker indonesia
semoga kejadian seperti ini dapat di ambil pelajaran oleh pengelola situs-situs online lainya agar selalu berhati-hati dan mewaspadai laporan-laporan sekecil apapun demi keamanan server dan keamanan data-data para coustomersnya.