Muncul Pesan "Hidupkan Dokumen di Setelan > Apl Terinstal Dahulu" Begini Cara Mengatasinya



Muncul Pesan "Hidupkan Dokumen di Setelan > Apl Terinstal Dahulu" Begini Cara Mengatasinya

Semenjak Google memperkenalkan update Operasi Sistem Android 4.4 KitKat, yang telah dipergunakan oleh banyak smartphone di dunia termasuk perangkat-perangkat smartphone besutan XIOMI.

Ternyata banyak menimbulkan keluhan penggunanya, hal ini terkait penggunaan kartu micro-SD sebagai media penyimpanan bagi aplikasi pihak ketiga.

Dikutip dari Phone Arena, “aplikasi pihak ketiga tidak bisa lagi melakukan hal-hal seperti menulis, memodifikasi, dan menghapus file atau folder di micro-SD yang dianggap sebagai "media penyimpanan sekunder

Google menyatakan hal tersebut bukanlah sebuah bug. Melakukan modifikasi yang berkaitan dengan penggunaan kartu micro-SD, sengaja diterapkan oleh mereka dalam update Android 4.4 KitKat di seluruh perangkat smartphone. Sehingga para pengguna android merasa kesulitan melakukan setting file manager.

Update ini, menonaktifkan kemampuan modifikasi, menulis, dan menghapus file serta folder di media penyimpanan sekunder (micro-SD) yang merupakan bagian dari sistem operasi sejak dulu. Akibatnya, menimbulkan ketidak nyamanan bagi pengguna yang sudah terbiasa menggunakan fungsi-fungsi tersebut.

Kebijakan ini membuat aplikasi-aplikasi file manager menjadi bermasalah, contohnya tidak bisa lagi melakukan penyalinan dari komputer ke penyimpanan sekunder melalui jaringan.

Kesulitan hal tersebut mengakibatkan pencinta fotografer yang umumnya melakukan editing di perangkat Android, kemudian menyimpanan di micro-SD dengan aplikasi pengelola foto pihak ketiga tidak dapat dilakukan lagi dengan mudah. Meskipun tetap bisa menyimpan foto dalam folder “DCIM” di micro-SD seperti mana biasanya pada aplikasi kamera bawaan.

Banya pihak berspekulasi,  motivasi Google melakukan perubahan  tersebut adalah untuk mendorong para pengguna agar memakai layanan berbasis Cloud seperti Google Drive, padahal  tidak semua orang memiliki akses internet yang stabil dan bahkan ada sebagian pengguna masih kesulitan akses internet.


Muncul Pesan "Hidupkan Dokumen di Setelan > Apl Terinstal Dahulu" Begini Cara Mengatasinya


Di prangkat XIOMI pada umumnya akan muncul suatu notifikasi "hidupkan Dokumen di Setelan > Apl terinstall dahulu [turn on documents in setting > installed app first]". Bingung yaah... maksudnya apaan, hehe. Sebenarnya saya sendiripun bingun awalnya.

Para pengguna XIOMI mendapat notifikasi ini pada saat ingin menyimpan halaman web ke PDF, atau ingin setting manager file unduhan ke micro-SD agar memori internal terasa lebih lega.

Untuk mengatasinya sebenarnya sangatlah mudah, hanya saja memahami pesan yang muncul pada smartphone tidak semua orang mengerti apa yang harus dilakukan.

Yang Anda harus lakukan, masuk ke settingan smartpohone > aplikasi terinstal >  dan cari aplikasi Dokumen dan aktifkan, lihat pada posisi tengah bawah pengaturan dokumen aplikasi tersebut.
 

hidupkan Dokumen di Setelan > Apl terinstall dahulu [turn on documents in setting > installed app first]

Coba kembali menyimpan halaman web ke PDF, atau ingin setting file manager  unduhan yang sebelum tidak dapat dilakukan.


Untuk MIUI 9 ada Sedikit berbeda untuk mengakses aplikasi 'dokumen'.

Berikut langkah-langkah mengaktifkan app 'dokumen' pada MIUI 9

Cara aktifkan aplikasi dokumen pada MIUI 9
  • Akses ke menu Setelan [Pengaturan] smartphone
  • Temukan menu 'Aplikasi Terinstal' 
  • Kemudian tekan "tiga titik" pada sudut kanan atas pada menu tersebut
  • Dilanjutkan dengan memilih 'tampilkan semua apl'


Cara aktifkan aplikasi dokumen pada MIUI 9
  • Untuk mempermudah mencari app 'dokumen' gunakan saja pencarian aplikasi
  • setelah ditemukan silahkan  aktifkan aplikasi tersebut
Selamat mencoba... jangan lupa di share dan  berkunjung kembali.

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di  google + dan twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.