Request Unlock Bootloader Xiaomi






Request Unlock Bootloader Xiaomi - Lagi-lagi Xiaomi he..he..he... Yup ngebahas Smartphone yang satu ini emang ga ada habisnya. Berhubung saya juga seorang Mi Fans maka di kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang request unlock bootloader Xiaomi. Sebenarnya perlu ga sih kita unlock bootloader Xiaomi Devices kita....? Pilihan saya kembalikan lagi kepada anda. Pernah saya singgung di artikel saya sebelumnya,Xiaomi melakukan Lock Bootloader demi alasan keamanan. Namun Xiaomi juga memberikan pilihan kepada penggunanya untuk mengembangkan/memodifikasi devices'nya dengan cara request unlock bootloadernya yang bisa kita akses di http://en.miui.com/unlock/ 

Berikut adalah resiko unlock bootloader yang saya kutip dari web miui.com 

  1. Dengan membuka perangkat,anda setuju bahwa ini dapat membawa perubahan ke beberapa bagian dari sistem.Perubahan ini dapat merusak perangkat.
  2. Setelah perangkat di Unlock,menjadi kurang aman dan lebih rentan terhadap serangan malware,yang dapat menyebabkan pengungkapan dan kehilangan data pribadi anda.
  3. Beberapa fitur memerlukan kemanan tingkat tinggi (misalnya : Cari perangkat) tidak akan lagi tersedia
  4. Setelah perangkat di unlock,beberapa fitur akan berubah.Dengan demikian anda mungkin tidak lagi dapat menerima update reguler dan menikmati fitur terbaru dari MIUI.

Kurang lebih itulah resiko yang di timbulkan jika kita Unlock Bootloader Xiaomi devices kita. Namun menurut saya pribadi tergantung bagaimana cara kita menggunakan Devices kita.Selagi kita menggunakannya dalam batas kewajaran saya rasa resiko-resiko yang di paparkan di atas bisa kita minimalisir. 

Alasan awal saya kala itu untuk melakukan Unlock Bootloader adalah hilangnya signal 4G di Ponsel saya. Mau tidak mau saya harus unlock bootloader agar bisa memasang Custom Recovery (TWRP) untuk melakukan Flash ulang modul agar signal 4G kembali muncul. Yang kedua adalah saya ingin mengoptimalkan ponsel saya dengan akses root. Tentunya proses Root di ponsel Xiaomi keluaran terbaru hanya berhasil melalui TWRP (Kecuali Redmi Note 3 mediatek bisa menggunakan Kingroot). Dulu waktu saya melakukan Unlock Bootloader TWRP hanya support untuk devices yang sudah dalam kondisi UBL (Unlock Bootloader) berbeda dengan sekarang. Sudah banyak Custom Recovery yang support untuk devices Locked Bootloader seperti Redmi3/3pro atau Redmi Note 3 Pro. Bagi anda pengguna Redmi 3/3Pro yang ingin memasang Custom Recovery Non UBL bisa berkunjung ke artikel saya berikut.



BACA JUGA :

TWRP REDMI 3/3 PRO TANPA UNLOCK BOOTLOADER (FIX 4G + ROOT)


Untuk melakukan Request Unlock Bootloader kita harus mempunyai Akun MI. Saya sarankan agar di sinkron dengan email (bukan hanya nomer handphone) gunanya adalah untuk mempermudah saat login atau saat kita ganti nomer ponsel. Lengkapi semua biodata anda.Tambahkan sebuah Foto Profil anda. Jika Akun MI anda sudah siap silahkan ikuti caranya melalui Video Tutorial berikut :

VIDEO TUTORIAL


Jika sudah Request Unlock Bootloader maka anda harus menunggu untuk menerima SMS dari Xiaomi. Untuk waktunya sendiri tidak bisa di tentukan. Jika merajuk pada notifikasi di webnya, SMS akan di kirim paling lama 10 hari kerja. Namun di beberapa kejadian nyata yang saya alami saat Unlock Bootloader Xiaomi Device milik rekan saya ada yang 2 hari sudah di SMS dan adapula yang 1 bulan belum menerima SMS. Waktu itu saya juga pernah nekat Unlock Bootloader milik teman saya yang sudah Request namun tak kunjung dapat SMS selama 10 hari. Saat melakukan Unlock saya berada di ROM CHINA DEV (seperti anjuran dari forum MIUI) kala itu saya berhasil melakukannya. 

Namun cara yang paling mudah jika tidak ingin repot-repot Unlock Bootloader adalah membeli Xiaomi baru dengan garansi distributor. Saya menemui dua kejadian yang sama ketika Unboxing dan saya cek ternyata Devices sudah terpasang Custom Recovery (TWRP) dan status Bootloadernya sudah di Unlock. Pembelian pada bulan January 2017. Reviewnya pun saya tulis dalam artikel saya berikut :

BACA JUGA :

Xiaomi Garansi Distributor Makin Menarik (Unboxing Redmi 3PRO Garansi Distributor 2017)


Demikianlah artikel singkat cara Request Unlock Bootloader Xiaomi. Jika ada pertanyaan seputa artikel ini silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan melalui tombol share di bawah ini