Gila, Ilmuwan Ciptakan Makhluk Gabungan Antara Manusia dan Babi



Pada haris Kamis yang lalu, dunia dihebohkan oleh sejumlah ilmuwan di Gene Expression Laboratory. Pasalnya, tim internasional yang berada di bawah pimpinan Salk Institute tersebut berhasil menciptakan sebuah makhluk hidup gabungan atau yang biasa disebut dengan Hibrida. Makhluk itu sendiri gabungan antara manusia dengan hewan dalam laboratorium. Makhluk gabungan tersebut dikenal luas dengan istilah Chimera.

Ilmuwan Ciptakan Makhluk Gabungan Antara Manusia dan Babi

Berita keberhasilan tersebut diumumkan dalam jurnal Cell itu menyebutkan bahwa tim tersebut berhasil menciptakan chimera dengan cara menyuntikan sel-sel manusia ke dalam janin babi lalu membiarkannya matang bersama. 


Kepada National Geographic, profesor di Gene Expression Laboratory, Juan Carlos Izpisua Belmonte mengatakan bahwa konsep yang ada pada Chimera ini cukup sulit untuk dipahami, bahkan untuk membuatnya saja membutuhkan 40 ilmuwan yang bekerja sama selama 4 tahun agar "resep" campuran itu tepat, sebagaimana yang berhasil dikutip dari Liputan6.com.

Salah satu hal yang membuat ilmuwan kesulitan yaitu dimana para peneliti menentukan waktu untuk memulai melibatkan sel-sel manusia ke dalam janin babi. Jika waktu yang ditentukan salah, maka janin tersebut akan menjadi sia-sia saja. Ketika sel-sel manusia dalam janin babi mulai berkembang, tim akan menempatkan janin-janin itu ke dalam babi dewasa selama 3 hingga 4 minggu, setelah itu dikeluarkan lagi untuk keperluan analisis.

“Pada akhirnya, kami berhasil menciptakan 186 janin bersifat chimera, dan kami menduga masing-masing janin memiliki 1 di antara 100 ribu sel manusia,” kata pemimpin penelitian, Jun Wu kepada National Gaographic.

Dengan demikian, para peneliti berharap agar terobosan ini akan membantu mengatasi sangat kurangnya donor organ pada manusia.