Lima Rekomendasi Smartphone Android Terbaik di Bawah 3 Jutaan



Mengawali tahun baru, ada baiknya Anda mengganti ponsel yang telah usang dengan ponsel keluaran terbaru yang masih fresh. Bagi Anda yang berniat membeli ponsel dengan harga di bawah 3 juta rupiah dengan spesifikasi  RAM minimal 3 GB dan bersenjatakan kamera 13 MP, lima ponsel berikut bisa dijadikan referensi.

1. Asus Zenfone Selfie ZD551KL (Rp 2.499.000)
Sesuai namanya, Asus Zenfone Selfie ZD551KL menawarkan berbagai mode kamera untuk selfie. Berbagai fitur beautification disediakan untuk menghasilkan foto selfie yang cantik. Selain selfie, wefie (foto bersama teman-teman) juga dapat dilakukan dengan baik tanpa khawatir teman tidak masuk ke frame, karena kamera depan Asus Zenfone Selfie ZD551KL sanggup menangkap objek bersudut lebar hingga 88 derajat. Ponsel besutan vendor Taiwan ini mempunyai kamera berteknologi PixelMaster, masing-masing beresolusi 13MP. Kamera utama mampu menghasilkan gambar yang natural berkat teknologi dual LED real flash tone yang dibenamkan.

Asus Zenfone Selfie
Asus Zenfone Selfie via asus.com

Menggunakan layar IPS berukuran 5.5 inchi, Asus menyuguhkan resolusi 1080p dengan kerapatan 403 ppi. Untuk urusan dapur pacu, Asus menyematkan Qualcomm Snapdragon 615 octa-core yang dilengkapi dengan RAM 3GB serta kapasitas penyimpanan hingga 32GB. Ketika pertama diluncurkan, Asus Zenfone Selfie ZD551KL masih menggunakan OS Android Lollipop. Tapi jangan khawatir, karena Asus Zenfone Selfie ZD551KL telah mendapatkan update resmi Marshmallow yang bisa di-download dari situs resmi Asus Zenfone.

2. Lenovo Vibe K4 Note (Rp 2.500.000)

Lenovo Vibe K4 Note
Lenovo Vibe K4 Note via gsmarena.com

Lenovo Vibe K4 Note hadir dengan sensor sidik jari. Ponsel besutan vendor Tiongkok ini dipersenjatai dengan kamera utama 13MP yang telah dilengkapi dengan fitur LED dual tone. Sementara kamera depan menggunakan kamera 5 megapiksel. Ponsel seharga 2.5 juta rupiah ini dilengkapi dengan kacamata VR yang tersedia dalam unit terbatas. Vibe Note K4 mempunyai layar IPS selebar 5.5 inchi dengan reolusi full HD 1080p. Dapur pacu mengandalkan prosesor MediaTek MT6753 octa-core 1.3 GHz yang dipadukan dengan RAM 3GB dan ruang penyimpanan sebesar 16GB, lengkap dengan slot kartu microSD. Sistem operasi masih menggunakan Android Lollipop 5.1.1. Satu hal yang cukup disayangkan karena resmi masuk ke Indonesia pada 2016 yang lalu. Namun, kabarnya pihak Lenovo telah meluncurkan update resmi Marshmallow yang bisa diunduh melalui OTA.

Baca juga: Berbalut Body Metal, Samsung Galaxy J5 Prime Hadir dengan Fingerprint

3. Xiaomi Redmi Note 4 (Rp 2.500.000)
Ponsel besutan vendor Tiongkok ini menyuguhkan layar selebar 5.5 inchi dengan resolusi full HD 1080p. Interface atau antarmuka mengandalkan MIUI 8 dengan sistem operasi Android Marshmallow. Sisi fotografi mengandalkan kamera utama 13 megapiksel, sementara kamera depan hanya 5 megapiksel saja. Kamera belakang Redmi Note 4 dilengkapi dengan flash dengan teknologi dual LED dual tone. Untuk urusan dapur pacu, Xiaomi Redmi Note 4 mengandalkan prosesor deca-core MediaTek Helio X20 yang dikombinasikan dengan RAM 3GB serta ruang penyimpanan sebesar 64GB. Ponsel yang telah dilengkapi dengan sensor sidik jari ini mengandalkan baterai berkapasitas 4.100mAh sebagai sumber dayanya. Tidak lupa Xiaomi Redmi Note 4 dipersenjatai dengan teknologi fast charging.

Xiaomi Redmi Note 4
Xiaomi Redmi Note 4 via smeaker.com

4. Infinix Note 3 Pro (Rp 2.599.000)
Phablet dengan senjata kamera utama 13MP dan 5Mp pada kamera depan ini telah dilengkapi dengan lampu kilat pada kedua bagian. Mempunyai layar selebar 6 inchi dengan resolusi full HD. Berbahan full metal, balutan lapisan kaca DragonTrails siap melindungi perangkat dari goresan benda keras. Dapur pacu octa-core 1.3GHz yang dimilikinya dipadukan dengan RAM 3GB serta kapasitas penyimpanan 16GB. Mempunyai baterai berkapasitas 4.500 mAh yang dilengkapi dengan teknologi XCharge yang mampu mempersingkat durasi pengisian baterai. Waktu pengisian 5 menit memungkinkan pengguna mendapatkan waktu bicara hingga 200 menit karena teknologi Pump Express 2.0 yang dibenamkan oleh Infinix.

Infinix Note 3 Pro
Infinix Note 3 Pro via arenasmartphone.com

5. Wiko Ridge 4G Fever (Rp 2.800.000)

Wiko Ridge 4G Fever
Wiko Ridge 4G Fever via techno.id

Ponsel besutan vendor Prancis ini hadir dengan bodi berbahan plastik. Butiran phosphorescent membuatnya ‘menyala’ di kegelapan. Wiko Ridge 4G Fever hadir dengan layar berteknologi IPS selebar 5.2 inchi dengan resolusi full HD. Menggunakan dapur pacu MediaTek MT6753 octa-core 1.3 Ghz, Wiko Ridge 4G Fever dilengkapi dengan RAM 3GB serta ruang penyimpanan sebesar 32GB. Untuk urusan gambar, Wiko Ridge 4G Fever mengandalkan kamera dengan resolusi 13MP untuk kamera belakang, serta 5MP untuk kamera depan. Kedua kamera sudah dilengkapi dengan lampu kilat untuk mendukung pengambilan gambar yang minim cahaya. Datang dengan sistem operasi Android Lollipop, kini pengguna sudah bisa mencicipi update sistem operasi terbaru resmi dari Wiko.