Monday, January 16, 2017

Ricky Febrian

Lima Fitur Smartphone yang Diprediksi Menjadi Tren di 2017

    No comments:

Persaingan bisnis ponsel cerdas semakin ketat. Pabrikan smartphone berlomba-lomba menghadirkan sesuatu yang baru pada handset buatan mereka. Beberapa produk sudah banyak digosipkan, semisal iPhone 8, Samsung Galaxy S8, sampai LG G6. Namun, belum ada fitur baru yang berhasil diungkap dengan meyakinkan ke publik.

Namun, International Business Times telah menerbitkan daftar fitur smartphone yang kemungkinan akan menjadi di tahun 2017. Bukan tidak mungkin fitur-fitur berikut akan dibenamkan pada gadget di atas.

1. Teknologi Prosesor 10nm

Prosesor 10nm
digitaltrends.com

Pabrikan chipset terus berinovasi menciptakan produk untuk memenuhi kebutuhan prosesor yang efisien. Teknologi prosesor 10nm diperkirakan akan menjadi standar baru setelah teknologi 14nm yang saat ini banyak digunakan. Kinerja prosesor 10nm dinilai lebih baik serta hemat dalam penggunaan baterai. 

2. Dual Camera
Huawei, LG, bahkan Apple telah mengenalkan beberapa produk mereka yang disenjatai dengan kamera ganda ini sejak 2016 yang lalu. Predikat Apple sebagai pembawa tren bisa diartikan bahwa teknologi ini adalah fitur yang menjanjikan di masa mendatang.

Teknologi Dual Camera
infokomputer.com

Fitur kamera ganda ini diprediksi akan akan banyak digunakan bahkan oleh smartphone kelas low-end, mengingat Samsung juga belum mencicipi fitur ini.

3. Layar 4K

Layar 4K ponsel
4k.com

Layar resolusi tinggi pada layar smartphone telah digunakan oleh Sony pada tipe Xperia Z5, jadi ini bukan teknologi yang benar-benar baru. Meski begitu, teknologi ini diprediksi  kian popular di tahun 2017 ini. Smartphone baru yang disebut-sebut akan mengadopsi layar ini adalah Samsung Galaxy S8.

4. Layar edge-to-edge
Tepian layar atau bezel dianggap kurang mempercantik tampilan smartphone. Ponsel yang saat ini dianggap memiliki desain yang indah pada layarnya adalah Xiaomi Mi Mix. Layar Mi Mix memiliki rasio 91.3%, atau yang paling besar saat ini. Layar Mi Mix memiliki layar berukuran 6.4 inchi dengan resolusi 1080 x 2040 piksel dengan kerapatan layar 362 ppi. Material yang digunakan adalah keramik serta bebas dari bezel pada ketiga sisi layarnya.

Teknologi Layar edge-toedge ponsel
blog.iservice.co.in

Di tahun ini, Samsung disebut-sebut akan mengeluarkan produk serupa. Samsung Galaxy S8 diprediksi akan menjadi jagoan pesaing ketat produk Mi Mix ini. Selain Samsung Galaxy S8, LG juga dikabarkan akan membuat ponsel dengan indah ini. Seri G6 disebut-sebut akan memiliki layar edge-to-edge dengan bezel tertipis yang pernah dibuat.

5. Bluetooth 5.0
Kecepatan maksimum Bluetooth 5 diperkirakan 2Mbps, naik dari 1Mbps pada Bluetooth 4.2. Bluetooth 5 mendukung paket besar data disbanding pendahulunya, bekerja pada 255 oktet, bukan lagi 31 oktet. Teknologi bluetooth ini disebut-sebut akan diadopsi oleh Samsung Galaxy S8.

Rasanya tak sabar menunggu para produsen smartphone menghadirkan fitur-fitur tersebut!