Cara Termudah Flash/Install Ulang Asus Zenfone C Z007



assalamuaalaikum wr wb
hello teman teman, bagaimana kabar kalian setelah nonton pertandingan final aff 2016 thailand vs indonesia ?

maaf yaa teman saya baru sempat update artikel terbaru lagi, kemarin saya kurang sehat. 


kemarin saya suda post artikel tentang perkembangan jenis jenis keyboard komputer dan sekarang saya akan post artikel tentang cara termudah flash atau install ulang Asus Zenfone C Z007.

kemarin hp teman saya mengalami bootloop atau pada saat hp dinyalakan hanya berhenti dilogo dan animasi loading yang tidak berhenti berputar, katanya sebelum terjadi bootloop hpnya tiba tiba mati sendiri tanpa sebab dan pada saat hp nya dinyalakan, proses booting hp nya mentok di logo dan loading terus sampai kehabisan baterai.


masalah bootloop ini sering terjadi pada smartphone atau hp pintar yang pemakainya hanya tau pakai saja atau tau install dan hapus aplikasi saja dan setelah terjadi bootloop pasti panik semacam teman saya.


penyebab terjadinya bootloop biasanya kita salah hapus program aplikasi pada hp kita, yang terhapus biasanya aplikasi penting yang menjalankan system android pada hp kita atau pada saat proses perbarui system android hp kita tiba tiba mati karena kehabisan baterai dan masih banyak lagi masalah lain yang mengakibatkan hp kita jadi bootloop.


biasanya hp android bootloop ringan seperti restart sendiri dan hang bisa di atasi dengan cara hard reset atau wipe data dan wipe cache saja, untuk cara wipe data dan wipe  cache di hp  asus zenfone c z007 begini caranya :



  1. matikan hp Asus Zenfone C Z007
  2. kemudian tekan tombol volume up + tombol power
  3. pada menu droidboot pilih recovery
  4. kemudian muncul robot android yang terbuka perutnya, lalu tekan tombol volume up + volume down lalu lepas volume atas saja
  5. lalu wipe data dan wipe cache
  6. kemudian reboot system android anda.

jika dengan cara di atas belum bisa mengatasi bootloop pada hp asus zenfone c z007 berarti system android hp anda suda rusak dan untuk mengatasinya dengan cara flash atau instal ulang asus zenfone c kalian.

dibawah ini adalah langkah langkah install ulang system asus zenfone c kalian :


Langkah pertama, donwload file yang dibutuhkan :


setelah semua file diatas suda di download semua, sekarang kita akan melakukan flash.

  • ekstrak folder usb driver asus yang ada di dalam winrar yang di download tadi.
  • install software asus flash tool yang di download tadi.
  • pastikan baterai hp anda suda terisi full, matikan hp anda kemudian tekan tombol power + volume up secara bersamaan sampai masuk ke menu droidboot 
  • kemudian hubungkan hp anda dengan laptop melalui kabel usb, kemudian install driver melalui device manage, untuk cara install melalui device manage, sebaiknya kalian baca cara install driver melalui device manager di sini : Cara Install Driver Di Laptop dan Komputer
  • buka program asus flash tool yang di install tadi jika muncul serial number berarti usb asus suda terdeteksi.
  • kemudian pilih opsi model ZC451CG dan klik yes pada opsi wipe data
  • lalu klik browser atau ikon kotak yang di samping wipe data lalu cari firmware asus yang di download tadi.
  • kemudian klik serial number lalu klik start
  • kemudian asus flash tool akan memulai proses kurang lebih 20 menit. 




  • jika proses flash suda selesai maka hp asus akan booting dengan sendirinya.
  • proses flash selesai 







demikianlah cara saya mengatasi hp Asus Zenfone C Z007 bootloop atau proses booting berhenti di logo asus dengan animasi loading, semoga bermanfaat yaa teman teman.