Cara Cek Kecepatan Koneksi Internet



assalamualaikum wr wb
kali ini saya akan membagaikan cara cek kecepatan koneksi internet dan kemarin saya suda post artikel tentang cara kerja keyboard komputer dan cara cek kecepatan loading halaman web atau blog.

sekarang internet menjadi kehidupan kedua untuk kita semua karena dengan internet kita bisa mendapatkan informasi dari luar, namun internet juga mempunyai dampak positif dan negatif bagi penggunanya.

speed internet sekarang beda dengan speed internet  yang dulu, sekarang speed internet yang harus di butuhkan minimal 1 Mbps karena konten yang di muat sekarang banyak memuat data data yang berat contohnya sekarang kebanyakan orang memakai internet hanya di pakai untuk streaming youtube dan lain lain, jika speed internet yang kalian pakai di bawah 1 Mbps maka streaming youtube akan lambat atau kualitas videonya kurang bagus.

jadi menurut saya kalau ingin berlangganan internet di salah satu ISP di kota kalian pilihlah paket internet sesuai dengan kebutuhan kalian contohnya seperti yang saya jelaskan di atas kalau kebutuhannya streaming ambil lah paket internet minimal 1 Mbps dan kalau kebutuhannya cuma di pakai browsing saja ambil lah paket internet 512 Kbps.

nah, sekarang saya akan membertiahukan bagaimana cara cek speed internet, cara cek speed internet yang akan saya bagikan menggunakan telin speed test, speed test dari telkom ini akan memberikan hasil speed internet dan speed download.

karena satuan dari speed internet dan speed download berbeda kalu speed internet menggunakan satuan bit yang bersimbol huruf 'b' kecil dan untuk speed download menggunakan satuan byte yang bersimbol huruf 'B' besar, sebaiknya kalian baca : Perbedaan Byte dan bit, Kilo Byte per second dan Kilo bit per second.

di bawah ini adalah cara cek speed internet :
ketik url ini speedtest.telin.co.id di addres bar browser anda kemudian akan muncul tombol begin test.



kemudian klik tombol begin test maka program ini akan memulai proses test kecepatan internet.




setelah proses test kecepatan internet ini selesai maka akan muncul hasil kecepatan internet anda dengan satuan bit dan byte.




jadi kita tidak perlu lagi menghitung satuan bit agar mendapatkan hasil satuan byte yang di gunakan pada saat download maupun upload file, jika kecepatan internet kalian menurun atau tidak sesuai dengan paket internet yang kalian bayar maka masalah ini harap di lapor ke ISP tempat kalian berlangganan internet.