Wednesday, November 23, 2016

Ricky Febrian

Rahasia dari Buah Kurma

    No comments:


garo-Blog.com -  Assalamu'alaikum, semoga hari ini sobat semuanya dalam keadaan sehat dan bisa beraktifitas kembali seperti biasanya dan mudah-mudahan ada dalam LindunganNYa, aminn.
Kali ini saya akan berbagi tentang Rahasia dari Buah Kurma.

Yang kita kenal buah kurma adalah sebagai buah pelengkap pada Bulan Ramadhan. Nah sobat semuanya ternyata buah kurma merupakan sebagau buah yang termasuk kedalam buah tanaman palma, biasanya yang masyarakat kenal yaitu yang terdapat di negara timur tengah.




Ternyata buah kurma memiliki suatu kandungan yang mempunyai nutrisi banyak misalnya thiamin, niasin, folat, riboflavin sehingga tidak heran kalau buah kurma ini memiliki beragam manfaat yang dihasilkan dari kandunganya



Buah kurma yang menghasilkan berbagai manfaat ini cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena buah kurma ini mampu menghasilkan suatu kandungan hormon sejenis oksitosin.

Kandungan Hormon ini berfungsi membantu untuk merangsang kontraksi otot polos pada rahang ketika menjelang melahirkan. Pada buah kurma ini juga memiliki manfaat untuk membantu mengurangi pendarahan ketika melahirkan, dan pada masa pasca melahirkan, sari dari buah kurma juga dapat membantu untuk menstabilkan kondisi ibu yang melahirkan dan mengembalikan nutrisi.



Dalam buah kurma juga memiliki sebuah kandungan yang amat penting terdapat pada buah kurma adalah memiliki kandungan pro Vitamin A (beta karoten) yang mencapai 89 mikro gram per 200 gram buah segar,  karena Vitamin A juga berkhasiat untuk kesehatan mata, sehingga tak heran jika kebanyakan dari orang rajin mengkomsumsi buah kurma untuk memperkuat pada pendengaran dan bermanfaat juga dalam memfokuskan penglihatan kita. Selain itu juga buah kurma mengandung suatu vitamin B kompleks, vitamin C dan juga vitamin K yang berfungsi sebagai anti oksidan.



Kandungan Nutrisi Pada Buah Kurma

Dikutip dari http://manfaatnyasehat.com, Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dalam 100 gr buah kurma yang diuji, mengandung banyak nutrisi. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel nutrisi buah kurma di bawah ini:

Zat giziJumlah/100 gram
Air18.27
Energi251 kkal
Protein2.81 g
Karbohidrat66.78 g
Serat7.1 g
Gula56.38 g
Total lemak0.35 g
Lemak jenuh0.0028 g
MUFA0.0032 g
PUFA0.017 g
kolesterol0 mg
Mineral:
Kalsium35 mg
Zat Besi0.91 mg
Magnesium38 mg
Fosfor55 mg
Kalium484 mg
Sodium2 mg
Seng0.26 mg
Vitamin
Vitamin A9 IU
Vitamin B1 (tiamin)0.046 mg
Vitamin B2 (riboflavin)0.059 mg
Vitamin B3 (niasin)1.134 mg
Vitamin B5 (asam pantotenat)0.525 mg
Vitamin B6 (piridoxin)0.147 mg
Vitamin B9 (folat)17 mcg
Vitamin B120 mcg
Vitamin C0.4 mg
Vitamin E0.04 mg
Vitamin K2.4 mcg
Fitonutrisi
Beta karoten5 mcg
Beta kriptoxantin0 mcg
Lutein dan zeaxantin67 mcg
Likopen0 mcg


Ternyata banyak sekali manfaat yang dihasilkan buah kurma dan semoga ini juga bisa membuat sobat semuanya mengetahui berbagai macam manfaat dari buah kurma.