Wednesday, November 30, 2016

Ricky Febrian

Pengalaman Donor Darah dan Manfaatnya Bagi kesehatan - garo-Blog

    No comments:

garo-Blog.com -  Assalamu'alaikum selamat sore sobat semuanya semoga sobat semuanya dalam keadaan sehat dan bisa bersemangat lagi dalam menjalani semuanya dan bisa memberikan suatu manfaat dalam aktifitasnya.

Nah sobat dalam sore menjelang malam ini saya akan memberikan pengalaman saya dalam donor darah, karena saya baru pertama kali mendonorkan darah waktu ada event dikampus dan disitu panitia penyelenggara acara event membuka stand dari Departemen Kesehatan yaitu donor darah dengan membwa sebuah mobil untuk tempat donor darahnya.

Waktu itu ada sebuah event kampus yang dilaksanakan oleh panitia dari Fakultas lain dengan tema tentang sebuah kesehatan, kebetulan saya beda fakultas jadi perkuliahan diadakan seperti biasanya,  dan setelah habis waktu perkuliahan pada waktu itu saya disuruh untuk mendonorkan darahnya yang diajak sama teman saya untuk mendonorkan darahnya.

Karena teman saya sudah melakukan donor darah sebanyak enam kali tentunya dia merasa tidak was-was lagi dan takut untuk mendonorkan darahnya karena dia merasa sudah biasa untuk mendonorkan darahnya, tapi dengan saya yang baru pertama kali tentunya merasa takut baru melihat jarum suntiknya juga udah lemas liatnya, hhehehheh.......




Dan waktu itu saya berniat untuk donor darah setelah diajak sama teman saya, tapi sebelum melakukan donor darah kita diarahkan sama petugas dari PMI nya untuk mengisi identitas yang tercantum di lembar pengisian yang telah disediakan dan kita juga di periksa terlebih dahulu untuk tensi darah nya apakah kita layak untuk diambul darahnya atau tidak.

Duhhh..setelah menunggu giliran untuk naik ke mobil untuk pengambilan donor darahnya serasa takut dan rasanya campur aduk, dan akhirnya nama saya dipanggil sama petugas PMI nya dan masuklah saya ke mobil dan disuruh berbaring di tempat yang sudah disediakan dan petugas PMI sudah membuka jarum untuk pengambilan darah dari lengan saya dan melihat jarumnya juga gak tahan dan beda dari jarum suntuik lainya, dan akhirnya jarum menancap di lengan saya, hhehehe...



Tapi sembari menunggu kantung darah belum penuh sambul bercerita sama petugasnya dan dia memberitahu tentang donor darah, ternyata memang bagus sekali kita untuk mendonorkan darah karena akan menyehatkan tubuh kita sobat ternyata.  Dan tentunya kita sebagai pendonor juga harus memastikan jika dirinya sedang dalam kondisi kesehatan yang baik, kenapa demikian? karena hal ini untuk menghindari suatu permasalahan kesehatan pasca transfusi serta bagi mereka yang menggunakannya.



Menurut pakar kesehatan dalam donor darah rutin tiap 3 bulan sekali, pada waktu donor yang paling cepat 75 hari/2,5 bulan. Maka dalam waktu 1 tahun maksimal diperbolehkan donor hanya 5 kali. Waktu donor yang tidak tepat justru akan mengurangi manfaat donor. Karena dalam jarak waktu 3 bulan semua komponen darah yang sebelumnya telah dikeluarkan akan kembali ke dalam keadaan awal sebelum donor. Tetapi jika donor darah sobat dilakukan terlalu sering atau melebihi waktu yang ditentukan justru akan berdampak buruk bagi donor itu sendiri. Bisa menyebabkan kehilangan darah yang berlebihan dan akan menyebabkan terjadinya kekurangan darah/anemia.