Monday, November 21, 2016

Ricky Febrian

Gempa 6,9 - 7,3 SR Mengguncang Fukushima Jepang - garo-Blog.com

    No comments:



garo-Blog.com - Assalamualaikum selamat pagi sobat semuanya, kali ini saya akan berbagi tentang gempa yang terjadi td pagi jam 5:59 waktu jepang.

Seperti  yang dilansir  http://internasional.kompas.com, Tsunami sekitar tiga meter diprediksi dapat melanda pantai Jepang timur laut, kata Badan Meteorologi Jepang. Wilayah potensial dilanda tsunami itu termasuk Fukushima.



Bunyi sirene sebagai peringatan tentang adanya potensi ancaman tsunama menggema ke seluruh kota di Fukushima.

Di kota itu terdapat pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi, yang sebelumnya pernah diguncang gempa sehingga menyebabkan kebocoran atau bencana nuklir terburuk di dunia.

Sejauh ini, menurut laporan NHK, beberapa gelombang tsunami, yang terbesar setinggi 90 sentimeter (cm) telah melanda pantai timur laut.




USGS mengatakan, gempa 6,9 pada skala Richter (SR) itu berada cukup dangkal yakni 11,3 kilometer di Pasifik, lepas pantai Fukushima.

Badan Meteorologi Jepang awalnya memperkirakan kekuatan gempa adalah 7,3 SR.




Gempa terasa hingga mengguncang di gedung-gedung di Tokyo, namun belum ada laporan tentang kerusakan atau warga yang cedera. Juga tak ada  kerusakan yang signifikan di PLTN Fukushima.

Dalam pemberitaan juga yang dilansir dari internasional.metrotvnews.com


Pada Maret 2011, Jepang juga diguncang gempat besar yang memicu gelombang tsunami dasyat sehingga lebih dari 18.000 orang tewas atau hilang dan tiga reaktor di PLTN Fukushima rusak.
Otoritas Jepang meminta warga, terutama di prefektur Fukushima, untuk mengungsi ke tempat aman setelah gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) mengguncang pada Selasa 22 November waktu setempat.


Agensi Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami, dengan perkiraan gelombang dapat mencapai hingga tiga meter. Peringatan tsunami berlaku untuk wilayah pesisir utara Jepang. 
Kantor berita NHK meminta publik Jepang untuk pergi ke tempat aman. "Mohon jangan berpikir Anda aman saat ini. Mohon mengungsi ke dataran tinggi," imbau NHK.



"Bahkan jika Anda tinggal di daerah yang jauh dari pesisir pun, mohon untuk pergi dan mengungsi," lanjutnya.

Menurut laporan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), guncangan berlokasi 67 kilometer dari Iwaki, prefektur Fukushima. Kedalaman gempa mencapai sepuluh km.

Prefektur Fukushima terletak di utara Tokyo dan merupakan tempat berdirinya fasilitas pembangkit tenaga nuklir Fukushima Daiichi. Saat gempa bumi dahsyat melanda Jepang pada 2011, Fukushima Daiichi mengalami kebocoran terparah dalam sejarah Jepang.