Friday, November 25, 2016

Ricky Febrian

Cara Terbaik Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah - garo-blog

    No comments:




garo-Blog.com -  Pada masa pertumbuhan anak merupakan satu masa yang menuntut orangtua memungkinkan dan wajib benar memperhatikan suatu asupan gizi yang diterima oleh si anak. Dalam hal ini, haruslah bunda bisa memilih suatu asupan gizi yang memang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan, contohnya yaitu sayuran juga buah-buahan yang kaya akan vitamin juga nutrisi. Kemudian, bagaiman jika seorang anak susah makan buah juga sayuran?




Berbeda dengan buah, pada anak-anak sekarang mungkin lebih banyak menyukai buah dari pada sayur karena buah lebih memiliki sebuah rasa yang pastinya disukai anak, khususnya buah-buahan dengan rasa manis, sedangkan pada sayur, hampir semuanya tidak memiliki rasa alias hambar. 

Anak-anak sebagian besar tidak menyukai apa yang mereka konsumsi yang tidak memiliki sebuah rasa. Kenapa demikian? karena jika melihat suatu  perbedaan rasa antara sayur dan buah, itu memang jelas sekali jika anak-anak tidak mau makan sayur dan lebih memilih buah. Lantas bagaimana agar anak-anak mau makan sayur? 



Pada suatu kebiasaan ketika anak masih bayi, orang tua bahkan selalu menambahkan sayur-sayuran pada makanan si bayi tapi entah kenapa alasannya ketika si anak sudah mulai mengenal berbagai rasa dari sebuah makanan atau masakan, si anak pun pelan-pelan mulai memilih dan memilah makanan yang mereka suka, termasuk sayuran dan buah. 



Khususnya pada masa sekarang ini, ketika si anak sudah mengetahui berbagai macam rasa masakan, orang tua harus membiasakan diri untuk menyediakan sayuran dalam menu makanan si anak sehingga anak juga terbiasa menerima asupan makanan yang ada sayurnya. Dengan membiasakan si anak menyukai sayuran sejak kecil, karena si anak akan mulai terbiasa mengkonsumsinya, tapi jika anak tidak terbiasa, maka kebiasaan si anak tersebut akan dibawanya sampai dewasa.

Makan banyak buah dan sayuran adalah salah satu langkah yang umum pada suatu kesehatan dan trik utama pada diet yang sehat. Kenapa Tips ini sebagian orang dipakai?  Karena Tips ini tentu saja suatu kemudah untuk mengubah pada pola diet sobat sendiri. Akan tetapi bagaimana jika sobat mengajak anak-anak yang biasanya sangat pemilih dalam hal makanan, misalkan untuk meninggalkan hamburger dan memilih brokoli untuk menerapkan beberapa tips sehat?



Bahkan jika sobat tidak mencoba membesarkan anak-anak untuk jadi vegetarian, ada sedikit kekhawatiran jika anak sobat akan menghindari makanan berbahan dasar sayuran bahkan pada beberapa tahun mendatang. 

Ada beberapa trik dan tips sehat dengan cara agar anak-anak mau memakan sayuran, antara lain :
  1. Menghidangkan sayuran dalam bentuk yang sangat menggoda dan menarik untuk si anak. contohny pada setumpuk sayur bayam matang yang ada di mangkuk dan tidak akan membuat balita tertarik meskipun pada dasarnya makanan ini sangat sehat. Tapi mungkin matanya si anak akan melihat menarik jika melihat pohon brokoli. Sementara itu, sobat  bisa menyajikan suatu tumis sayuran kepada anak yang lebih besar
  2. Menyajikan sayuran yang membuat makanan renyah, mungkin si anak tidak suka yang namanya makanan yang terlalu lembek, jadi hindarilah memasak sayuran ada waktu yang terlalu lama. seperti, cukup rebus, kukus, panaskan di oven, atau sajikan dalam keadaan mentah. Melalui cara ini, si anak juga tidak terlalu kehilangan vitamin, nah tips ini juga merupakan salah satu tips sehat rekomendasi dari para dokter.
  3. Mengajak mereka berbelanja. Nah sobat bisa menggunakan cara ini pada sebuah supermarket dan mengelilingi setiap lorong sayuran yang ada di supermarket tersebut dan untuk mengunjungi ke supermarket berikutnya, biarkan si anak memilih jenis sayuran baru yang akan disantap bersama keluarga, si anak akan merasa senang sekali ketika melihat sayuran pilihan si anak dan menjadikan suatu bagian dari menu makan.

Kita sebagai orang tua tidak salah untuk mencoba dalam menerapkan prinsip yang sama di rumah, dengan cara membuat penyajian yang lebih menarik dan sehat tentunya dari buah-buahan dan sayuran untuk si anak, dan biarkan kepada si anak agar mengetahui bahwa mereka bisa melayani makan mereka sendiri. 



Kemudian, meskipun tidak pernah melarang sobat untuk memberikan makanan manis, tapi ada baiknya mengingat di mana dan bagaimana makanan itu disimpan di rumah karena akan memengaruhi seberapa sering mereka makan. Pada penyimpanan sebuah makanan di tempatkan ditempat yang tidak terlalu mencolok, kenapa demikian? karena ini merupakan jalan yang terbaik untuk mengurangi godaan.

ada tidak teman-teman disini yang tidak mau makan sayuran sampai saat ini ?
komentarnya yah.....hhehe