4 Tips Cara Didik Anak di Era Digital



Cara Didik Anak di Era Digital -  Di dunia ini hampir semua orang menggunakan gadget untuk kegiatan sehari-hari mereka, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pun semua menggunakannya. Letak permasalahannya adalah hampir seluruh orang tidak mampu menyikapi teknologi dengan cara yang bijaksana. Hal ini tentu akan sangat berbahaya bagi anak-anak kita yang belum bisa membedakan baik dan buruknya beragam konten yang terdapat dalam gadget .

Walaupun lebih banyak dampak negatif yang muncul akibat penggunaan gadget saat ini, namun ada juga beberapa hal positif dari teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak Anda. Ya, selain untuk hal komunikasi, gadget efektif pula untuk pendidikan dan hiburan yang bernilai misalnya seperti game-game bersifat edukasi.

4 Tips Cara Didik Anak di Era Digital
Anda wajib menciptakan kebiasaan konsumsi teknologi (gadget) yang sehat bagi keluarga Anda, sama seperti saat Anda mengatur pola makan setiap harinya. Maka dari itu, kami berikan tipsnya tentang cara mendidik anak di era digital sebagai berikut.

Tips Cara Didik Anak di Era Digital Yang Benar

1. Beri Batas Waktu Penggunaan Gadget
Cara didik anak di era digital yang pertama adalah Anda harus membantu anak untuk membangun keseimbangan dan menetapkan batas waktu dalam menggunakan segala perangkat teknologi. Tetnu hal ini harus disepakati oleh kebijakan bersama keluarga. Disini Anda bisa membuat peraturan sederhana seperti menetapkan aturan family time (berkumpul bersama) tanpa smartphone, ataupun menyingkirkan benda elektronik ketika sedang makan malam.

2. Ajarkan Anak Jadi Pengguna Yang Bertanggung Jawab
Cara didik anak di era digital berikutnya adalah Anda harus mendidik mereka dengan tanggung jawab, khususnya untuk belajar. Perlu kita ketahui bahwa media sangat produktif dalam memberikan pendidikan bagi anak-anak. Disini Anda bisa memberikan akses ke konten-konten yang bermanfaat, misalnya e-book ataupun film berkualitas, permainan asah otak, juga aplikasi aman, dan situs-situs yang memberikan hal positif bagi mereka. Jangan biarkan mereka mengakses hal-hal yang bersifat sensitif atau berbahaya, sekalipun itu hal yang tidak penting sama sekali.

3. Beri Gambaran Negatif Multitasking Pada Anak
Cara didik anak di era digital selanjutnya adalah memberikan gambaran negatif dampak multitasking dalam kehidupan mereka. Banyak penelitian menunjukkan bahwa multitasking memiliki efek negatif dan tidak berdampak baik pada kualitas pekerjaan. Terlebih sebagai orang tua Anda tahu bahwa membantu anak-anak untuk tetap fokus, itu adalah hal yang sagnat penting.

Oleh karena itulah, ajarkan mereka untuk mengelola tugas dengan fokus dan konsisten. Hindari pemakaian gadget ketika mereka sedang melakukan satu pekerjaan rumah.

4. Jadi Contoh Untuk Anak
Jadi contoh untuk Anak adalah cara didik anak di era digital yang paling ampuh. Anda sebagai orang tua harus menjadi contoh bagi anak-anaknya. Dengan Anda memerintah tanpa terlibat dalam aturan, maka hanya akan membuat anak Anda bingung dan bertanya-tanya. Sebagai ayah yang baik, tentu Anda harus memberi tahu pada anak bahwa bertanggung jawablah dengan penggunaan elektronik.

Demikianlah tips dari kami mengernai cara didik anak di era digital. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda selaku calon ayah ataupun ayah dari putar-putra putri Anda. Gadget itu penting, tapi lebih penting kebersamaan dengan keluarga Anda.