Keutamaan Hebat Bersedekah - garo-Blog



Assalamu'alaikum, selamat pagi sobat garo-Blog semuanya, senang sekali dipagi yang mendung ini kita masih diberikan kesehatan dan masih diberikan suatu pemikiran yang menurut kita baik untuk semuanya.

Senang sekali untuk dipagi ini dalam suasana weekend, tentunya enaknya sobat semuanya membuat hati dan suasana senang terlebih karena seharian penuh kita disibukkan dengan segala aktifitas sobat semuanya dengan bekerja atau kuliahnya, dan mudah-mudahan mendapatkan Ridho dari Allah SWT.


Kali ini saya akan berbagi tentang Sedekah.
Sedekah asal kata bahasa Arab shadaqoh yang berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata. Sedekah dalam pengertian di atas oleh para fuqaha (ahli fikih) disebuh sadaqah at-tatawwu' (sedekah secara spontan dan sukarela).

Sedekah memiliki beberapa keutamaan bagi orang yang mengamalkannya. Pertama, mengundang datangnya rezeki. Allah SWT berfirman dalam salah satu ayat Alquran bahwa "

Dia akan membalas setiap kebaikan hamba-hamba-Nya dengan 10 kebaikan. Bahkan, di ayat yang lain dinyatakan 700 kebaikan. Khalifah Ali bin Abi Thalib menyatakan, ''Pancinglah rezeki dengan sedekah.'' Kedua, sedekah dapat menolak bala. Rasulullah SAW bersabda, ''Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah bisa mendahului sedekah.''  

 Ada beberapa hadist yang menyangkut tentang sedekah adalah sebagai berikut :

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).
"Sesungguhnya sedekah itu dapat memadamkan panas kuburan dari penghuninya. Dan sesungguhnya orang mukmin pada hari Kiamat kelak akan bernaung di bawah naungan sedekahnya.” (HR Ath-Thabrani dan al-Baihaqi).

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi). 

Semoga bermanfaat yah sobat semuanya dan kita bisa mengambil hikmah dari ini semuanya dan mudah-mudahan bisa membuat hidup kita lagi setelah bersedekah dengan niat baik, amin...