Gantilah Busi Motor Secara Berkala ! jangan Nunggu Motor Mati



Busi / Spark Plug adalah komponen penting dalam pembakaran mesin. Karena fungsi Busi adalah untuk memunculkan bunga api untuk pembakaran di dalam mesin.

 
dimana syarat pembakaran pada sebuah mesin adalah :
  • Adanya Api
  • Adanya Bahan Bakar ( BBM )
  • Adanya Oksigen / Udara

Jika ketiga syarat tersebut terpenuhi maka mesin motor akan bisa hidup, sebaliknya jika salah satu syarat pembakaran tersebut tidak terpenuhi maka mustahil mesin motor akan hidup.

Misalkan Bahan bakar full tank , Oksigen melimpah ruah tapi Busi mati / tidak bisa memunculkan bunga api maka motor tidak bisa dihidupkan / mogok.

Maka dari itu peran busi sangatlah vital , jangan sampai motor anda mogok ditengah jalan gara - gara busi motor anda mati karena tidak pernah diganti secara berkala.

Sering Terjadi motor mogok gara gara businya mati.
Jika motor mogok pada kondisi jalan yang ramai mungkin tidak akan menjadi sebuah masalah karena pasti banyak bengkel yang ada disekitar jalanan dan tinggal bawa saja motor ke bengkel tersebut.

Akan tetapi jika motor anda mogok ditengah jalan yang amat sepi pada tengah malam apakah tidak merepotkan ? mau nyari bengkel pasti tidak ada yang buka , mau dituntun juga berat dan jauh dari rumah.

Maka dari itu untuk mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi pada anda maka saya menyarankan agar mengganti busi secara berkala.
Ingat ! Ganti Busi Motor jangan Nunggu motor mogok

Lalu berapa bulan sekali harus ganti busi ?

Kalau dari pengalaman saya Jika motor anda sering digunakan tiap hari gantilah busi antara 8 bulan - 12 bulan sekali .
Jika motor anda jarang digunakan misal 1-2 X dalam semiggu gantilah 1 tahun sekali.

karena dalam waktu tersebut elektrode busi ( komponen di dalam busi ) sudah mulai aus dan percikan bunga apinya sudah tidak begitu besar sehinga hasil pembakaran mesin juga kurang maksimal.

Jangan ragu untuk mengganti busi motor anda secara rutin walaupun busi anda belum mati .
Harga busi motor juga cukup murah menurut saya , palingan di harga sekitar 15rb - 20rb.
Dengan Uang sejumlah itu bisa membuat anda nyaman dalam berkendara, tidak was was dan terhindar dari mesin mogok.