Cara Melihat Proses Kerja Komputer dan Laptop di windows 7



assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
pagi ini saya akan membuat artikel tentang bagaimana cara melihat informasi keadaan komputer dengan windows task manager atau bisa juga di bilang melihat proses kerja komputer.

windows task manager dapat membantu kalian melihat kinerja laptop dan komputer kalian. berikut ini adalah cara membuka windows task manager :

1. tekan tombol ctrl+shift+esc pada keyboard laptop atau komputer secara bersamaan

2. tekan tombol ctrl+alt+del secara bersamaan kemudian klik start task manager

3. klik kanan pada windows task bar lalu klik start task manager

di windows task manager terdapat beberapa tab seperti tab applications, tab processes, tab services, tab performance, tab networking, dan tab user.


1. Tab Applications
di tab applications ini kita dapat melihat aplikasi yang sedang kita jalankan dan di tab applications ini juga mempunyai perintah seperti end task, switch to, dan task. 

perintah end task berfungsi untuk mengakhiri aplikasi yang sedang kita jalankan, perintah switch to berfungsi untuk beralih ke aplikasi yang sedang kita jalankan, sedangkan untuk perintah new task adalah membuka aplikasi baru yang akan di jalankan. untuk menjalankan ketiga perintah tersebut, klik aplikasi yang sedang berjalan kemudian pilih perintah sesuai dengan keinginan kita.





2. Tab Processes
tab proses ini adalah tampilan dari system program yang sedang di proses oleh prosesor dan ram, disini kita dapat mengakhiri system program yang sedang di proses oleh prosesor dan ram dengan cara klik system program yang berjalan kemudian klik end process.

3. Tab Services
tab services ini adalah system program yang akan bekerja untuk membantu komputer berjalan dengan baik, contohnya services windows search index, windows search index berfungsi untuk menjelajah atau mengenali file dan program yang ada di komputer kita supaya pada saat kita mencari file yang akan kita cari di windows search maka akan cepat di temukan.

4. Tab Performance
tab performa ini menampilkan statistik performa dari prosesor dan memory ram komputer kita, disini kita melihat pemakaian dari prosesor dan memory ram komputer kita. 

jika laptop kita lemot dan sudah di utak atik untuk meningkatkan kinerja system laptop kita. maka selanjutnya kita harus melihat statistik performa dari prosesor dan memory ram komputer kita. 

biasanya yang menyebabkan laptop kita lemot adalah ukuran memory ram komputer kita kecil. di tab performa ini kita dapat melihat pemakaian memory kita apakah hampir full dan kalau hampir full saya sarankan untuk menambah ukuran memory laptop atau komputer kita.

5. Tab Networking
di tab networking kita dapat melihat trafik internet yang sedang kita pakai, disini juga dapat melihat speed link yang di berikan oleh isp tempat kita berlangganan internet.

6. Tab User
di tab user ini kita dapat mengetahui nama user yang memakai laptop atau komputer.

jadi di windows task manager kita dapat melihat statistik komputer kita. sampai di sini dulu yaa sobat, semoga bermanfaat.