Cara menyembunyikan file atau folder di Windows 7



assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

dipagi yang cerah ini saya akan membagikan trik dasar untuk kamu yang ingin belajar trik trik windows 7, trik kali ini adalah bagaimana cara menyembunyikan file dan folder di windows 7.

mengapa saya harus sembunyikan ?

jika kita mempunyai laptop pribadi dan di dalamnya terdapat tugas sekolah dari sekolah, dan tidak di sembunyikan. yang di jaga adalah tugas tersebut dari teman yang suka copas (copy paste).

teringat pada masa sekolah dulu, sehabis PKL (prakter kerja lapangan) kita di wajibkan untuk membuat laporan dari hasil PKL (prakter kerja lapangan), di mana pada saat pak guru yang bertanggung jawab dalam memeriksa hasil laporan yang telah di buat , apakah laporan yang telah kita buat suda benar atau salah.

ada seseorang teman saya mendapatkan tamparan manis dari pak guru, karena hasil laporannya sama dengan hasil laporan yang telah saya buat. ternyata laporannya terdapat plagiat dari laporan saya.

itu adalah gambaran betapa perlunya menyembunyikan dokumen penting di dalam komputer.

untuk menyembunyikan file dan folder di setiap system operasi windows berbeda beda, dan kali ini saya akan membagikan trik bagaimana cara menyembunyikan file dan folder di windows 7, berikut ini adalah cara menyembunyikan file dan folder di windows 7 :

1. klik kanan pada file atau folder yang ingin disembunyikan lalu klik properties


2. setelah jendelah properties terbuka kemudian klik pada box kotak hidden lalu klik ok

3.setelah anda klik ok kemudian muncul jendelah confirm attribute changes dan klik ok. maka folder yang di hidden tadi akan hilang


4. untuk menampilkan folder yang di sembunyikan, klik organize kemudian klik folder and search options





5. lalu muncul tampilan folder options kemudian klik tab view, klik show hidden files, folder or drives untuk menampilkan folder yang disembunyikan tadi, dont show hidden files, folder or drives untuk menyembunyikan file atau folder.





mudahkan sobat, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dengan orang yang suka copas (copy paste) dokumen kamu. semoga bermanfaat yaa sobat