Cara Melihat Siapa Saja Yang Terhubung Pada Wifi D-Link Dir 600M



terkadang kita merasa kesal karena internet yang kita pakai suda terasa lambat, dulu internet yang saya pakai kecepatannya normal dan sesuai dengan paket yang suda di tentukan oleh ISP (Internet Service Provider).

mungkin speed internet yang saya rasakan sekarang sama dengan internet kamu apalagi internet yang di perkantoran.

awalnya sih speed internet lancar dan tidak lemot tetapi lama kelamaan speed internetnya mulai down. 

jika kamu merasakan hal yang sama seperti saya, kemungkinan besar yang menjadi speed internet kita menjadi lambat adalah banyaknya user atau orang yang suda mengetahui password wifi kita.

untung saya berlangganan pada ISP yang menyediakan paket unlimited kuota, coba ambil paket yang pakai kuoto internet ?

pasti kita rugi dan mendapatkan tagihan yang membengkak di karenakan kita melebihi pemakaian kuota yang suda di tentukan oleh ISP.

jika internet yang kamu pakai adalah milik pribadi maka gantilah password wifi kamu. namun jika internet yang kamu pakai adalah milik kantor maka disarankan untuk memakai router mikrotik.

mengapa harus router mikrotik ?

router mikrotik mempunyai fitur untuk membagi speed internet secara merata dan membuat user hotspot, user hotspot ini berguna untuk membuat daftar user yang akan memakai internet baik melaui jaringan Lan maupun jaringan wireless. jadi, jika sebuah komputer atau laptop tidak mempunyai user hotspot maka komputer atau laptop tersebut tidak dapat terhubung pada internet. dan masih banyak lagi fitur mikrotik lainnya. 

Baca Juga : Cara Ganti Password Jaringan Wireless Router D-Link Dir 600M

perangkat wireless yang saya gunakan adalah router wireless D-Link Dir 600M, ini adalah cara bagaimana melihat user atau orang yang menggunakan jaingan wireless kita :




  • pastikan laptop kita terhubung pada jaringan wireless router D-Link Dir 600M, kemudian buka browser kesayangan kamu, browser yang saya pakai adalah google chrome, lalu masukkan ip addres default router D-Link Dir 600M pada address bar google chrome 192.168.0.1 lalu tekan enter. maka muncul halaman login router D-Link Dir 600M lalu klik login untuk masuk ke pengaturan router D-Link Dir 600M . lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
Halaman Login


Catatan : jika ip default router D-Link Dir 600M tidak dapat di akses berarti ip router suda diganti dengan yang lain dan ini adalah cara cek ip router yang suda diganti yang lain, silahkan baca cara cek ip router.

  • pada halaman utama/status klik active client table. lihat gambar dibawah ini
Halaman Status



  • maka akan muncul daftar user atau orang yang memakai jaringan wireless kita.
Daftar User

kalau ada daftar user yang tidak kita kenal atau melebihi pemakaian bandwith yang suda ditentukan oleh ISP maka gantilah password wifi kamu dan jika daftar user sesuai dengan ketentuan pemakaian bandwith pada paket internet kita. saran saya lapor masalah lambatnya internet kita pada ISP tempat kita berlangganan.