Cara Mengirim dan Membuat Lamaran Kerja Lewat E Mail - Saya akan memberikan tutorial tentang cara mengirim lamaran kerja via email dengan mudah.
Ya di dunia yang sudah moderen seperti sekarang ini terkadang sebuah perusahaan sudah memberlakukan sistem perekrutan tenaga kerja secara online ,
yaitu hanya menerima lamaran pekerjaan lewat sebuah email dan sudah tidak lagi menerima lamaran dengan bentuk hard copy seperti lewat pos atau jasa pengiriman lainnya.
Kita hanya perlu koneksi internet atau pergi ke warnet untuk mengirimkan sebuah lamaran kerja ke sebuah perusahaan , tanpa perlu foto copy berkas, cetak foto dan membeli amplop apalagi harus membayar biaya pos.
Tapi masih banyak orang yang belum tahu bagaimana sih cara membuat lamaran kerja via email . Disini saya akan memberikan tutorialnya buat sobat semua
Cara Mengirim dan Membuat Lamaran Kerja Lewat E Mail
1. Anda harus punya akun email dulu
Jika belum , buat dulu di www.gmail.com atau www.yahoomail.com . Usahakan nama email anda tidak jauh - jauh dari nama asli anda , misalkan agungnugroho98@gmail.com .Jangan gunakan nama email seperti agungtheguitaris@gmail.com .
Kenapa ? Ya karena Hrd sebuah perusahaan pasti akan melihat nama email anda dulu sebelum membuka email lamaran pekerjaan dari anda jika nama emailnya aneh - aneh pasti Hrd juga mengira anda adalah orang yang tidak sungguh- sungguh dalam melamar pekerjaan.
Dan dianggap hanya iseng-iseng saja dan alhasil email dari anda langsung dihapus ataupun diblokir dan Hrd akan memilih email dari orang lain yang lebih meyakinkan.
2. Persiapkan berkas berkas lamaran anda berupa file hasil Scan
Jika belum punya pergi ke tempat scan / foto copy lalu scan semua berkas berkas anda seperti :- KTP
- Ijazah
- Transkrip Nilai
- KIR Dokter
- SKCK
- Surat Pengalaman Kerja
- Dan dokumen yang dibutuhkan lainnya.
3. Buat CV / Daftar Riwayat Hidup anda di microsoft word lalu sisipkan lampiran lampiran yang sudah discan tadi di halaman bawahnya
CONTOH CV
Untuk urutannya biasanya page 1 CV / Daftar Riwayat Hidup anda , page 2 dan seterusnya lampiran lampiran anda.
Daftar Riwayat HidupData PribadiNama :Jenis Kelamin :Tempat, tanggal lahir :Kewarganegaraan :Status Perkawinan :Tinggi, berat badan :Agama :Alamat lengkap :Nomor Hp :Alamat Email :Pendidikan2008 - 2012 :2005 - 2008 :1999 - 2005 :Pengalaman Kerja1. PT ...................Periode : Juli 2011 – September 2011Posisi : Assistant MekanikUraian singkat pekerjaan- Melakukan servis ringan Mobil- Ikut membantu Mekanik dalam servis berat2.PT ..................Periode : Oktober 2011 – september 2013Posisi : Quality ControlUraian singkat pekerjaan- Memastikan produk “OK” setelah dan sebelum proses Melting & Casting- Melakukan pengawasan terhadap produk “NG” agar tidak lolos ke proses selanjutnya3. PT ................Periode : February 2014 – February 2016Posisi : Operator MachiningUraian singkat pekerjaan-Mengoperasikan Mesin CNC Milling & CNC Bubut-Mengoperasikan Mesin Drill Tap Manual & Otomatis
4. Jika sudah selesai simpan file dalam bentuk pdf
Kenapa harus pdf tidak dalam bentuk word saja?Ya , supaya file lamaran pekerjaan anda mudah dibaca oleh Hrd sebuah perusahaan dan agar tidak tercecer saat didownload. jika belum tahu cara menyimpan ke pdf baca Cara Mudah Mengubah File Ms word ke pdf .
Lalu namai file tersebut dengan nama anda.( misal : CV AGUNG SUTOPO atau DATA DIRI AGUNG SUTOPO ) agar mempermudah Hrd mengenali email dari tiap - tiap calon karyawan karena jumlah yang mengirim email mungkin ratusan hingga ribuan dengan nama nama file yang mungkin mirip.
5. Lihat ukuran file lamaran kerja anda
Biasanya perusahaan hanya menerima email lamaran pekerjaan dibawah 1MB / dibawah 500kb. Jika lamaran anda lebih dari 1MB baca 2 Cara Mengkompres Ukuran File Pdf Hingga 70%6. Sekarang tinggal mengirim lamaran anda
Saya beri contoh via gmail.com
Pilih Tulis pada pojok kiri atas
Akan muncul form seperti ini :
1. Isikan alamat email perusahaan
2. Isikan Posisi yang ingin anda lamar pada subject
3. Tulis lamaran pekerjaan pada badan email , jadi jangan biarkan badan email kosong
Contoh surat lamarannya sebagai berikut :
Bekasi , 1 Mei 2017Kepada Yth,Manager PersonaliaDi tempatDengan hormat,Bersama ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan ke perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin untuk menempati posisi “Operator”. Adapun mengenai data pribadi singkat saya adalah sebagai berikut :Nama :Tempat/Tgl. Lahir :Pendidikan :Alamat :No HP :Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :1) Daftar Riwayat Hidup2) Scan Pas Photo3) Scan KTP4) Scan KIR Dokter5) Scan Ijazah Terakhir6) Scan SKHU7) Scan Transkrip Nilai8) Scan SKCK9) Scan Surat Pengalaman KerjaDemikian surat permohonan lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan bahwa Bapak / Ibu dapat mempertimbangkannya. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.Hormat saya,( .........................)
4. Lalu Pilih lampirkan file dan pilih file CV / Daftar Riwayat Hidup yang sudah dalam bentuk pdf
Tunggu hingga proses upload selesai ( berwarna biru ) seperti gambar diatas , lalu pilih Kirim
Lamaran anda sudah terkirim dan tinggal tunggu panggilan tes / interview.
Sekian artikel saya Tentang Cara mengirim / membuat lamaran kerja via email