Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Terbaik




Cara Mempercepat Koneksi Internet Android – Pengguna Android sekarang ini memang sudah menjamur dimana-mana, hampir setiap rumah bahkan sudah memiliki smartphone tersebut. Namun banyak pengguna Android yang mengalami permasalahan pada bagian koneksi internet yang lambat dan kadang tak bisa tersambung.
 
Indonesia sendiri menduduki peringkat ke – 8 sebagai negara yang memiliki koneksi internet terlambat. Predikat semacam ini jelas membuat internet smartphone menjadi lambat. Meski demikian, sekarang mayoritas daerah di tanah air sudah support 3G sehingga internet akan sedikit lebih cepat.

Koneksi internet Android yang lambat dapat disebabkan karena berbagai faktor. Mulai dari ketersediaan jaringan, kartu, kuota yang hampir habis, type hp, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang mengalaminya, berikut ada beberapa cara mempercepat koneksi internet Android yang bisa Anda coba.

Cara Mempercepat Internet Android Tanpa Aplikasi

cara mempercepat koneksi internet Android
Mempercepat koneksi internet Android



1. Gunakan browser tercepat


Mungkin di luar sana banyak beredar aplikasi khusus untuk mempercepat internet Android. Sebenarnya aplikasi tersebut tidak demikian, ia hanya bertugas menyingkirkan penyebab internet lemot saja, bukan mempercepat.

Solusi terbaik bagi Anda yang mengalami internet lemot adalah gunakan browser terbaik. Ada banyak sekali aplikasi browser internet yang bisa Anda download, termasuk beberapa diantaranya Operamini dan Uc Browser.

Kedua aplikasi tersebut bekerja dengan mengompres perintah dari server yang hendak masuk ke perangkat, ini jelas sangat efektif untuk mempercepat koneksi internet Android. Dari keduanya saya lebih suka dengan UC Browser, karena ukurannya relatif kecil untuk didownload.

2. Non-aktifkan auto sync dan data latar belakang


Banyak aplikasi seperti Gmail, Facebook, Instagram, dll yang berjalan di latar belakang tanpa kita ketahui. Ini jelas akan membuat koneksi Android lemot. Mengapa saya bilang begitu? Coba bayangkan, sebuah motor ditumpangi oleh 3-4 orang, apakah dia akan berjalan lebih cepat dari pada yang satu penumpang? Jelas tentunya lebih cepat satu penumpang.

Oleh sebab itu, perhatikan beberapa aplikasi yang berjalan di background. Untuk mematikan aplikasi tersebut silahkan masuk ke bagian Pengaturan > akun > pilih non aktifkan auto sync. Tak hanya mempercepat koneksi internet, tetapi kuota internet pun juga akan lebih hemat.

3. Gunakan jaringan 3G atau WCDMA Only


Inilah cara mempercepat koneksi internet Android paling powerfull yang sering saya lakukan. Seperti kita ketahui bersama, Indonesia sekarang sudah support beberapa jaringan. Mulai dari GPRS, EDGE, 3G, HSPA, dan 4G. Jaringan-jaringan ini memiliki kecepatan akses internet yang berbeda.

GPRS menjadi jenis jaringan dengan kecepatan paling lambat, sedangkan 4G paling tercepat hingga mencapai 150 mbps. Namun karena masih banyak operator berbenah pada jaringan 4G, jadi kita akan mencoba menggunakan jaringan 3G saja. Nah untuk mengunci jaringan tersebut, berikut triknya:

- Masuk ke bagian pengaturan
- Pilih lainnya
- Pilih jaringan seluler
- Tekan jenis jaringan yang dipilih
- Pilih 3G

Atau lebih mudahnya sobat bisa lakukan trik ini:

- Tekan *#*#4636#*#*
- Masuk ke bagian informasi perangkat
- Pilih WCDMA Only

Note: pastikan di daerah Anda tersedia jaringan 3G, paket data jaringan 3G, dan hp mampu menangkap jaringan 3G. Jika syarat tersebut tak terpenuhi, Anda masih bisa menggunakan cara pertama dan kedua.

Bagaimana, mudah kan? Itulah beberapa cara mempercepat koneksi internet Android yang bisa saya sajikan untuk Anda. Apabila setelah melakukan trik diatas internet masih lelet, sebaiknya periksakan hp ke conter terdekat. Semoga bermanfaat!