Ganti Oli Motor Jangan Nunggu Pas Servis Rutin




Ganti oli jangan nunggu pas jatuh waktu servis rutin motor anda ya bro . . Karena peran Oli sangatlah vital terhadap tunggangan anda.
Oli bagaikan darah yang mengalir dalam tubuh anda , fungsinya sangat penting yaitu sebagai pelumas engine motor anda untuk mengurangi gesekan antar part engine dan sekaligus sebagai pendingin mesin.



Bayangkan jika anda telat mengganti oli si kuda besi apalagi sampai oli motor anda menguap dan hanya tinggal separuh atau bahkan tinggal beberapa mili saja akibatnya bisa fatal bro . .

Gesekan antar part engine akan menimbulkan panas yang sangat tinggi dan akhirnya akan terjadi keausan part part engine , seperti Gesekan Piston dengan Dinding Cylinder akan mengakibatkan Kompresi bocor dan tenaga motor ngempos disertai dengan asap mengepul putih pada knalpot.
pada akhirnya anda harus merogoh kocek yang gak sedikit untuk biaya Turun mesin gara gara anda lalai dalam penggantian oli.

Untuk waktu Ganti oli sebaiknya jangan berpedoman pada setiap servis motor anda , karena rata rata waktu servis motor biasanya 3 - 5 bulan sekali .
Lebih baik anda berpedoman pada jumlah Kilometer yang ditempuh oleh kuda besi anda , karena dalam waktu 3 - 5 bulan belum tentu jarak yang ditempuh motor anda adalah sama.
Yang lebih pasti adalah berpedoman pada jumlah kilometer yang ditempuh.
Lalu tiap berapa kilometer sekali ganti oli?
kalau saran saya adalah antara 1500km s/d 2000km , karena biasanya jika umur oli sudah lebih dari itu getaran mesin sudah mulai terasa kasar , volume dan kekentalan oli pun sudah mulai berkurang sehingga fungsi pelumasannya juga sudah tidak maksimal lagi.

Kesimpulannya adalah jika anda hanya mengganti oli saat waktu servis , mungkin akan sedikit terlambat ganti oli ( tergantung pemakaian motor) dan akan berakibat fatal pada mesin motor anda.
jadi jangan sampai telat ganti oli ya bro . .agar kondisi motor anda tetap prima dan enak ditunggangi.

Demikian Tips Tentang Waktu ganti oli