Cara Akses Data Flashdisk Di Android



Ulfandroid on Cara Akses Data Flashdisk Di Android - Berjumpa kembali dengan artikel ulfandroid, kesempatan yang pas ini saya ingin berbagi sedikit informasi. bukan sekedar informasi, bisa berbentuk tutorial yaitu cara membaca isi data flashdisk di android yang kalian miliki. sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, flashdisk biasanya hanya digunakan dan diakses pada perangkat komputer yang terdapat slot USB. namun, dengan sebuah kabel usb yang di convert ke slot android, kita bisa melakukannya dengan mudah. bagaimana caranya?

Flashdisk merupakan ssebuah alat kecil yang bisa menyimpan begitu banyak data dengan kapasitas yang besar adalah sangat berguna. penting untuk bisa di bawa kemana pun anda butuhkan. bisa menyimpan dokumen kantor ataupun sebagai backup data agar bisa kita akses di rumah. kapasitas memory yang terdapat pada memory flashdisk beragam ada yang ukurang 1GB, 2GB, 4GB sampai sekarag teknologi sudah ada mengeluarkan ukuran flashdisk dengan kapasitas 64TB mungkin lebih.

Cara Akses Data Flashdisk Di Android

Untuk menghubungkan sebuah flashdisk ke android, kita membutuhkan sebuah komponen yang bernama kabel usb OTG (on the go). kabel ini memiliki ujung untuk slot usb dengan ujung lagi untuk konektor ke android. sebagian kalian pasti sudah ada yang mengetahui kabel ini bukan. untuk yang belum, kabel usb OTG adalah sebuah kabel penghubung dengan konektor micro usb di salah satu ujung sebagai konektor dengan perangkat android anda, (micro usb hanya untuk beberapa tipe saja) dan tentunya sebuah usb female konektor di ujung yang lainnya.
NB : untuk kalian yang ingin flashdisknya di akses datanya melewati android, terlebih dahulu android kalian sudah dilakukan root sebelumnya. karena, harus diperlukan akses sistem untuk menampilkan data pada flashdisk. untuk kalian yang belum tahu apa itu root, bisa membaca artikel pengertian dan fungsi rooting android.
Nah, dari dua keterangan diatas kalian sudah mengerti kan apa maksudnya? maksudnya yaitu kedua komponen tersebut dibutuhkan untuk tutorial kali ini. untuk lebih jelasnya kalian harus menyiapkan alat dan komponen seperti:

  • Sebuah flashdisk untuk dicoba melakukan akses data didalamnya.
  • Perangkat android, apa saja yang kalian gunakan.
  • Astro file explorer, unduh via google playstore atau mirror. (untuk kalian yang sudah mempunyai ile manager lain, bisa menggunakan file manager tersebut tanpa harus install astro file explorer).
  • Stick mount, unduh via google playstore atau mirror.
  • Kabel USB OTG (on the go). untuk kalian yang belum memiliki kabel ini, bisa membelinya di toko aksesoris handphone kesayangan kalian dengan harga kisaran 15ribu sampai 25ribu yang mereknya bagus.
Cara Akses Data Flashdisk Di Android



Apabila komponen diatas sudah kalian siapkan, berikut cara akses data flashdisk di android dengan mudah.
  1. Install stick mount apk yang sudah kalian siapkan di android kalian, kemudian sambungkan kabel usb OTG (on the go) ke perangkat.
  2. Pasangkan usb pada kabel OTG (on the go) yang sudah di sambungkan ke perangkat sebelumnya. akan muncul popup, kalian ceklis "use by default" dan tekan "OK" pada saat memerintahkan penggunaan aplikasi "open stick mount when usb device connected".
  3. Berikan hak akses superuser kepada aplikasi stick mount apabila muncul peringatan penggunaan hak akses. kalian set ke "always have superuser access".
  4. Setelah sukses terhubung dengan perangkat, maka akan muncul notifikasi pemberitahuan dari aplikasi stick mount "active mounts : /sda/usbStorage/sda1" sebagai pemberiahuan semata bahwa usb kalian sudah sukses terhubung.
  5. Buka file manager yang yang sudah kalian install di android masing-masing dan lihat ke folder USB storage. apabila kalian menggunakan astro file manager, kalian bisa melihat path usb kalian di "usbdisk" dari main menu. selanjutnya tinggal kalian lakukan sesuka hati apakah ingin dihapus atau di copy dan lain-lain. tidak hanya itu, kalian juga dapat memutar file yang ada di flashdisk kalian secara langsung di android.
Bagaimana? caranya mudah bukan membuat akses file flashdisk kita di android sendiri. ini menjadi salah satu alternatif untuk kalian yang kebetulan tidak membawa laptop, namun ingin mengambil suatu data di flashdisk. cukup sekian artikel tentang Cara Akses Data Flashdisk Di Android. semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. terima kasih sudah berkunjung.