Cross A28, Dual-Core Mumpuni yang Ramah Dikantong



Tanggal 29 kemarin saat hari hari libur Nasional memperingati wafatnya Isa Almasih, beberapa saudaraku ada yang berkunjung ke rumahku. Salah satunya kakak sepupuku. Dia datang dengan membawa kedua anaknya, alias keponakanku yang masih TK dan bayi umur sebulanan. Siang harinya kami semua asyik ramai berbincang - bincang dan kuliner bersama saudara - saudara yang lain. Hingga malam harinya saat mata sudah lelah, aku baru sadar bahwa kakak sepupuku membawa sebuah HP Cross keluaran terbaru yakni seri A28. Pertama melihat aku langsung meminjamnya dan mencoba ini itu, yah biasa, seolah sifat gadget mania udah terbenam di otakku, kalau melihat gadget terbaru langsung terangsang untuk menjamahnya. 

Setelah kurang lebih satu jam-an aku mencoba fitur dan kemampuannya, tidak perlu waktu lama aku langsung ingin membuat review singkat mengenai A28 ini. Yah, kurang lebih pukul 1 malam aku membuat review singkat ini, coz pagi harinya kakak sepupuku sudah harus balik lagi ke rumahnya. Jadi mohon maaf bila gambar yang aku ambil sedikit gelap, coz aku juga mereviewnya saat tengah malam dimana kondisi lampu sebagian sudah dipadamkan, saat itu hanya aku sendiri yang belum tidur.





Tampilan Depan Cross A28. Layar sudah mengusung fitur keamanan anti gores. Meski di spesifikasinya tertulis LCD berukuran 4inch, namun saat aku sandingkan dengan andromax-i punya adik aku yang sama - sama berukuran 4inch, terlihat layar A28 ternyata lebih kecil. Menurut saya mungkin ukurannya hanya 3,8inch. Namun kualitas tampilannya tajam berkat resolusi mencapai 480x800.Sudah terdapat kamera depan yang siap untuk layanan video call.





Meski sudah dibenamkan Led Flash di samping kamera, namun sayang kekuatan cahayanya tak bisa diandalkan di dalam ruangan yang gelap. Meski begitu, jika mengambil gambar  outdoor, hasilnya lumayan bagus.


Untuk Spesifikasinya bisa dilihat dibawah ini :

 -LCD 4' WVGA 480 x 800 pixels
- Capacitive multi touch 2 point layar extra jernih
- Hard gloss screen (scratch resistant) layar anti gores
- Dual Sim Card GSM / GSM
- Fitur SMS dan Telepon
- Sistem Operasi Android 4.0.4 ICS
- Procesor 1 Ghz (Dual Core) Qualcomm Snapdragon
- GPU Adreno 203 

- RAM 512 MB
- Internal Disk (ROM) 4 GB (2GB usable, 1 GB external storage)
- Kamera Depan 1,3 MP (Video Call)
- Kamera Belakang 3 MP (Lampu Flash / Blitz)
- Wifi 802.11 b/g/n
- Wifi Theatering
- Bluetoth A2DP
- GPS with voice assitance
- 3D grafity sensor, proximity, light sensor
- Fitur G-Sensor
- Baterai berkapasitas 1.500 mAh
- Cassing logam Stainles desain tipis
- Akses internet 3G/HSDPA
- Support kecepatan internet hingga 7,2 Mbps
- Support video chat
- Support Micro SD Maksimal 32 GB

Game & Aplikasi bawaan:
- Aplikasi GPS Dengan Suara Pengarah
- Aplikasi Playstore (Android Market), Gmail
- Aplikasi MAP Navigasi
- Aplikasi Game Angry bird - Aplikasi Youtube
- Aplikasi pemutar musik dan video
- Aplikasi Ebook


Lanjut kita tes Performa A28 ini dengan menggunakan aplikasi benchmark seperti Antutu Benchmark, Nenamark 2, dan Quadrant Standar :



Dari hasil test antutu benchmark, menunjukkan hasil akhir dengan nilai 5936. Nilai yang didapat sangat tinggi menurutku. Tak lain juga karena sudah disokong dengan prosesor dual - core.




Untuk tes Quadrant Standar, A28 menghasilkan nilai 2436, yang berarti performanya diatas Samsung nexus S dan juga HTC Desire HD, hanya kalah dari LG Optimus 2x, itupun hanya kekalahan yang terpaut dengan score yang tipis.




Terakhir saat pengujian grafis yang ditujukan untuk mengetahui seberapa hebat performa A28 dalam menjalankan sebuah gaming dengan pengujian menggunakan Nenamark 2, Cross A28 menghasilkan FPS terbaik sebesar 28,7 FPS.

Nah, tes performa sudah dilalui, sekarang saya coba menngetes kemampuan dalam berselancar di dunia maya. Saya akan mengetes A28 dengan aplikasi speedtess untuk mengetahui kecepatan internet di area saya dan juga saya akan menguji untuk membuka sebuah situs dengan menggunakan jaringan SIM 1 (HSDPA) dan SIM 2 (EDGE)




Untuk hasil test kecepatan jaringan internet di area saya dengan aplikasi speedtest, didapatkan Download 183,3 kB/sec dan Upload 172,4 kB/sec, sedangkan PING 255ms.




Berselancar di dunia maya dengan mengetik sebuah keyword di google dengan menggunakan SIM-2 yang jaringan-nya hanya sebatas EDGE. Tak ada masalah yang ditemukan, berinternet lancar jaya, hanya mungkin sedikit lemot karena hanya menggunakan jaringan EDGE.




Ketika beralih ke SIM-1 yang menggunakan jaringan HSDPA, berinternet juga lancar jaya tanpa masalah dan mengalami peningkatan yang berkali - kali lipat daripada saat menggunakan SIM-2 yang hanya sebatas jaringan ( EDGE )




Tak lupa saya juga menguji kemampuan bermain game-nya dengan menjalankan salah satu game 3D berjudul die hard yang saya download malam itu juga melalui googleyplay dan langsung memainkannya. Di gambar terlihat tak ada kendala saat memainkannya, lancar jaya tanpa lag sedikitpun.





Diatas adalah hasil jepretan kamera Cross A28 di luar ruangan diwaktu siang hari. Terlihat hasil yang didapatkan bisa dibilang cukup.  

Nah sekiranya saya sudahi dulu review singkat dari saya. Kesimpulan saya mengenai Cross A28 ini, yah bisa dibilang HP yang ramah dikantong, karena harga barunya saat review ini ditulis hanya sekitar Rp. 850 ribuan saja, namun mempunyai performa yang mumpuni. Berani diadu dengan HP diatas 1,5 jutaan merek branded sekalipun. Bentuknya pun juga slim, sangat enak dimasukkan di saku celana yang super ketat sekalipun. Kekurangan mungkin hanya di sektor kameranya saja. Sekian dan terima kasih.