Cross A26, Phablet Smooth Dual - Core



Setelah mengeluarkan Phablet pertamanya yakni Cross A2, ternyata tak berselang lama dari pihak Cross juga mengeluarkan seri baru yang tak lain adalah adiknya yakni Cross A26. Phablet terbaru dari Cross A26 ini ternyata mengusung spesifikasi yang bisa dibilang 2x dari kemampuan kakak-nya terdahulu yakni Cross A2. Yang lebih hebat lagi adalah harganya yang tidak terpaut banyak dari kakakknya A2. Nah, mau tahu bagaimana performa hebat dari Cross A26 ini? Simak review singkat dari saya di bawah ini :






Berbeda dengan kakak-nya A2, casing belakang cross A26 sedikit ringkih menurut saya. Namun, meski ringkih tekstur nya halus, sedangkan kakaknya A2 kasar. Letak kamera pun sekarang berada di tengah - tengah, bukan disamping seperti kakak-nya A2. Dibawah kameranya, sudah terdapat sebuah LED flash berukuran kecil. Namun jangan salah, meski kecil, kekuatan sinarnya mampu diandalkan. Berbeda dengan kakaknya A2 yang Led Flashnya terlihat besar, namun daya sinarnya lemah.

Spesifikasi Cross A26 :

Prosessor 1Ghz Dual - Core.
Chipset MTK 6577
Layar 5inch Capasitive 5 Point Multitouch 240Dpi
Jaringan GPRS, EDGE, 3G, HSDPA ( 7,2 Mbps )
Ram 512MB
ROM 4 GB ( internal 2GB, external storage 1GB )
GPU PowerVR SGX 531
Camera 8 Mega-pixel, Auto Focus
Camera depan 1,3 MP
Android Ics 4.0.4
Batteray 2300mAh
Wifi, GPS, Portable Hot Spot, Proximity Sensor, Light Sensor, 3D gravity sensor, E-Compass




Interface Depan Cross A26 yang saya pegang :


Tes Performa :


Hasil tes menggunakan Antutu, mendapatkan Score sebesar 6000 Pas.


Nenamark 1 mendapatkan Fps sebesar 44,9


Nenamark 2 mendapatkan FPS sebesar 23,4

 

Pada pengujian menggunakan Quadrant Standar, Cross A26 mendapatkan score sebesar 2637, yang berarti kedudukan Cross A26 berada di atas Samsung Galaxy Nexus , dan berada dibawah Motorolla Atrix 4G dan Samsung Galaxy Tab 10.1 dengan selisih nilai yang tidak banyak.

Tes untuk bermain gaming :


FrontLine Mission, lancar tanpa masalah.


Contract Killer Zombie. Lancar juga tanpa masalah. Yang mau dikejar - kejar zombie, silahkan mencoba game ini.


Bash Fishing 3D. Bosan memancing sungguhan. Coba sekali - kali memancing di gadget Android kesayangan kamu. Dijamin juga sama terhiburnya dengan memancing sungguhan.

Sesi terakhir yakni melihat hasil kamera Cross A26 ini :


Luar Ruangan disiang hari saat cuaca cerah


Luar ruangan disore hari dengan cuaca mendung

Luar ruangan di sore hari dengan cuaca mendung 


Malam hari di dalam ruangan dengan penerangan minim.





Malam hari dalam kamar, mengambil detail sinopsis dalam sebuah kaset DVD dengan kondisi lampu Flash menyala.

Kesimpulan :

Setelah mencoba Cross A26 ini, menurut saya performa yang ditawarkan oleh Phablet ini bisa dibilang 2x lipat daripada kakak pendahulunya Cross A2 yang ditandai dengan scrore Antutu mencapai 6000, sedangkan A2 hanya 3000an. Kamera juga bisa dibilang bagus. Berselancar di dunia maya sudah tak usah diragukan lagi karena sudah mengusung jaringan HSDPA 7,2Mbps. Yang paling saya sukai di Cross A26 ini, setelah dipakaikan screen guard anti-minyak dari samsung galaxy note 2, pergerakan menu dan menulis pun sangat smooootthh sekali, bahkan bermain gaming sangat nyaman. Sangat cocok buat yang sering browsing, chating dan bermain gaming. Meski belum mengusung layar IPS, namun karena DPi sudah mencapai 240, layar terlihat jernih dan terang, detail juga bagus. Kekurangan menurut saya hanya pada suara speaker yang lemah, tak sekencang dan senyaring adikknya Cross A2. Meski begitu, bisa diatasi dengan memakaian headset, maka akan ada sedikit perubahan kedalaman dan detail suara. Untuk harga, saat review singkat ini ditulis, kurang - lebih Rp. 1,3 Juta, lebih mahal sedikit dari kakaknya cross A2 yang saat pertama kali muncul seharga Rp.1,150 juta rupiah. Sekian dan terima kasih.