Cara Mengatasi Waiting for Device ADB/Fastboot



Fastboot merupakan mode yang vital apalagi ketika posisi handheld dalam keadaan mati terkapar alias bootloop , kita bisa mengembalikan handheld ke keadaan semula melalui mode ini.

Nah, mungkin kalian rada kelewat atau mungkin lupa sesuatu dan mengalami "Waiting for Device" ketika menginputkan perintah ke dalam Command Prompt atau Terminal. Seperti gambar dibawah ini misalnya:


Apa yang sebenarnya terjadi?

Waiting for device bisa diartikan sebagai menunggu perangkat siap. Namun kebanyakan ini disebabkan oleh kesalahan pengguna, mari kita simak ulasan singkat berikut:

1. Ponsel Belum Dihubungkan ke PC
Ini hal paling konyol yang mungkin saja terjadi ketika sobat sedang asyik ngoprek, sudah pusing mencari driver atau solusi yang cocok ternyata hal sepele seperti ini yang terjadi.

2. USB Driver Belum Terinstall
Kemungkinan kedua, sobat belum menginstall USB Driver yang sesuai dengan type smartphone yang dipakai. Misalnya untuk keluarga Zenfone, Intel sudah menyediakan universal usb driver melalui laman resminya atau jika sobat pengguna Xiaomi dan sudah menginstall MiPCSuite tak usah khawatir mengenai USB Driver karena secara otomatis ikut terinstall. Masuklah grup atau forum tertentu untuk mengetahui info usb driver.

3. USB Debugging Belum Dinyalakan
Ini digunakan ketika sobat menjalankan perintah ADB, perlu menyalakan USB Debugging melalui Developer Options pada Settings agar PC mengakses perintah ini.